TSS2E - Tune Up Mesin Starlet

Tune Up Khusus Mesin Starlet 1E 1.0 Dan 2E 1.3 Pemilik Toyota Starlet yang merasakan tarikan mesin nya loyo dan kurang kencang lariny...

Selasa, Desember 05, 2017

Pasang Kamera Mundur Di Toyota Starlet

Fitur Standard Mobil Terbaru

Jaman Now fitur ini sebetulnya sudah menjadi piranti wajib bagi mobil-mobil keluaran terbaru. Tujuannya jelas agar dapat memantau situasi keadaan belakang mobil saat mobil bergerak mundur. Beberapa tahun kebelakang sebelum fitur ini ada, kebanyakan yang dipasang adalah sensor mundur yang akan memberikan suara bervariasi tergantung jarak mobil dengan objek nya. Prinsip kerja sensor mundur biasanya dengan sistem sonar elektromagnetik, sensor ini yang akan memberitahukan seberapa dekat objek terhadap bagian belakang mobil kita. Namun seiring perkembangan jaman sensor mundur kini sudah kurang populer lagi sebagai gantinya adalah KAMER MUNDUR.



Dengan fitur kamera mundur jelas objek benar-benar akan ditangkap dalam bentuk visualisasi aslinya, jelas ini sangat menguntungkan bagi pengendara mobil terutama saat malam hari mobil ingin bergerak mundur kebelakang kita kadang tidak tahu situasi apa yang ada dibelakang apakah ada got, apakah ada hewan kucing lagi tidur, anjing, kucing dan sebagainya. Tentu fitur ini membuat kita lebih bisa berhati-hati dalam membawa kendaraan terutama saat mobil melakukan gerakan mundur kebelakang.

Apa saja yang diperlukan untuk memasang kamera mundur :


  1. KAMERA MUNDUR. Tentu Saja Kamera Mundur itu sendiri. Memilih kamera mundur hendaknya jangan asal pilih, memang banyak sekali pilihannya dari yang harganya murah hingga harga mahal. Ada yang dilengkapi degan lampu led ada yang tidak. Bila anda tidak ingin kecewa pilihlah kamera yang kualitasnya sangat baik walau harus ditebus dengan harga yang agak mahal. Lampu led tambahan pada modul kamera mundur itu sendiri sebetulnya tidak terlalu penting karena saat mundur lampu mundur mobil kit sudah cukup untuk menerangi situasi belakang mobil kita. Dengan kaera mundur kualitas baik sudah lebih dari cukup, jadi tidak perlu lamp tambahan pada kameranya.
  2. KABEL RCA VIDEO. Kamera mundur yang kita beli biasanya tidak dilengkapi dengan kabel yang dibutuhkan untuk instalasi kamera mundur. untuk aman-nya beli kabel rca video minimal sepanjang 3.5 meter. untuk menghubungkan kamera mundur ke layar monitor yang ada di dashboard.
  3. LAYAR MONITOR. memasang kamera mundur tanpa adanya layar monitor hanyalah sia-sia belaka, bagaimana bisa kita melihat visualisasi dari objek yang ditangkap kamera mundur. Layar monitor ini bisa bermacam-macam bentuknya bisa berupa spion tengah yang dilengkapi layar monitor, atau bisa beli tersendiri layar monitor kecil yang berukuran 3.5inch. Akan tetapi biasanya mobil jaman sekarang rata-rata sudah memiliki head unit double din yang sudah dilengkapi layar monitor 3.5 hingga 7inch. Jadi lebih praktis bila kebetulan Head unit mobil starlet anda sudah dilengkapi head unit double din, maka ini sebuah keuntungan tersendiri.
Cara Pemasangan :
  1. Tentukan lokasi kamera mundur yang mau dipasang, biasanya tidak jauh dari plat nomer kendaraan, setelah ditemukan lokasinya bisa dilakukan pemasangan dengan cara di lem atau di baut tergantun paket kamera mundur yang dibeli.
  2. Pasangkan kabel RCA Video dari kamera mundur hingga ke layar monitor / head unit.
  3. Pasangkan kabel power kamera mundur, kabel power kamera mundur ini bisa diambil dari lampu mundur jadi tidak repot menarik kabel dari depan.
  4. Sambungkan switch gigi mundur ke layar monitor atau head unit, fungsinya adalah memerintahkan saat masuk gigi mundur layar akan tampilkan visual video dari kamera mundur dibelakang.
  5. Setelah dipasang pastikan rapih dan tidak ada kabel yang terjepit, dan lakukan test dengan cara memasukan gigi mundur ( posisi kontok ON ) bila layar sudah menampilkan visual kamera mundur berarti pemasangan sudah benar.





Oke semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang baik buat pemilik toyota starlet.

Starno72 - Starlet Specialist
WA. 0817-911-0080




Tidak ada komentar:

Posting Komentar