TSS2E - Tune Up Mesin Starlet

Tune Up Khusus Mesin Starlet 1E 1.0 Dan 2E 1.3 Pemilik Toyota Starlet yang merasakan tarikan mesin nya loyo dan kurang kencang lariny...

Minggu, Desember 10, 2017

Mengenal Jenis dan Tipe Toyota Starlet versi Toyota Astra Motor Indonesia

Toyota Starlet yang diproduksi di Indonesia via TAM - Toyota Astra Motor sejak tahun 1985-1999 ternyata banyak sekali memiliki varian dari jenis dan tipe mobil nya. Ada satu ciri khas toyota starlet yang beredar resmi di Indonesia yaitu "MEMILIKI 4 PINTU" bila anda menemukan toyota starlet diluar versi resmi yang beredar indonesia tapi memiliki 4 pintu dipastikan mobil itu sudah mengalami oplosan modifikasi baik eksterior, interior ataupun mesin.

Baiklah bagaimana mengetahui ciri-ciri starlet asli yang memang resmi beredar di indonesia lewat jalur Toyota Astra Motor.

1. Toyota Starlet XL produksi 1985-1986 4 pintu bermesin 1.0L. 5-Speed ( Starlet Paling Tua )
Toyota Starlet ini dikenal dengan starlet kotak yang karena bentuknya lebih cenderung meng-kotak. Dan inilah awal lahirnya toyota starlet versi resmi di indonesia. Starlet ini memiliki mesin 1.000cc dan girboks 5 percepatan, fitur yang ada pada starlet ini sangat minim sekali, bahkan mobil ini belum dilengkapi dengan AC mobil dalam kondisi aslinya.



2. Toyota Starlet 1.3SE produksi 1987-1988 4 pintu bermesin 1.3L 5-Speed
Sambutan konsumen toyota starlet produksi pertama sangat berkesan dan sukses dipasarkan, kemudian toyota astra memproduksi lagi starlet generasi ke-2 nya dengan starlet kotak tipe 1.3SE dengan embel seperti ini jelas mesin yang digunakan lebih besar dari generasi sebelumnya. Pada generasi kedua ini sudah banyak fitur yang dihadirkan antarnya konsol boks tengan lebih mewah, pembuka bagasi dan penutup bensin dari dalam, dilengkapi tachometer dan tentunya AC mobil sudah jadi perlengkapan standard nya.


3. Toyota Starlet 1.3SE produksi 1989-1990 4 pintu bermesin 1.3L 5-Speed
Toyota starlet generasi ke-3 ini hanya mengalami perubahan eksterior atau yang lebih dikenal dengan istilah facelift, bagian depan sudah menggunakan bumper yang adak membulat, kemudian grill depan juga lebih kecil berbentuk sarang tawon, headlamp juga lebih stylish, pada bagian belakang terjadi perubahan bumper yang terlihat lebih bulat, juga stoplamp lebih stylis dengan mika cluster sein agak menonjol, menjadikan toyota starlet kotak ini memiliki penampilan lebih sporty dan lebih manis. Sedangkan sektor mesin dan interior dibiarkan sama tidak ada perubahan dengan generasi sebelumnya.



4. Toyota Starlet 1.3SE produksi 1990-1992 4 pintu bermesin 1.3L 5-Speed ( Awal Starlet Kapsul )
Starlet generasi ke-4 ini sudah mengalami perubahan total bentuk eksterior, sudah tidak lagi meng-kotak tapi serba membulat, oleh karena itu starlet mulai generasi ini dinamakan starlet kapsul karena bentuknya yang lebih banyak membulatnya, tapi tetap menggunakan basis mesin yang sama dengan mesin generasi sebelumnya. Degan menggunakan basis mesin yang lama masih menggunakan platina, starlet bentuk kapsul ini  mengalami perbaikan total dari sisi interior dan eksterior, interior lebih nyaman, dan eksterior lebih stylish dengan bentuk membulat. Walaupun demikian starlet kapsul generasi pertama ini masih belum dilengkapi foglamp pada bagian bemper depannya.
Lima tahun sudah berkiprah di industri otomotif indonesia dan telah berhasil merebut pasar mobil kompak indonesia, toyota starlet rupanya telah menjadi mobil yang paling sangat laris pada waktu itu, semua kalangan muda sangat mengidamkan mobil kecil mungil dengan tampilan sporty tentunya dengan performa yang bisa dibilang luar biasa pada waktu itu. Mobil kecil ini memang merajai sedan hactcack tanah air dan telah menjadi legenda sepanjang masa. 




5. Toyota Starlet 1.3SEG produksi 1993-1994 4 pintu bermesin 1.3L 5-Speed ( pertamakali pakai delkco cdi dan autochoke )
Starlet generasi ke-5 ini hanya mengalami perubahan kecil pada sisi wajah dengan lampu yang terlihat agak besar juga sudah dilengkapi foglamp pada bemper, juga pada bagian belakang sudah dilengkapi garnis panjang satu warna dengan stoplamp. Starlet ini makin terlihat lebih sporty dan lebih membulat. Untuk sektor mesin sudah ada perbaikan dan penyempurnaan pada bagian pengapian yang sudah mengadopsi delko cdi (tanpa platina ) dan sudah diaplikasikan autochoke untuk memudahkan mobil dihidupkan pada pagi hari, akan tetapi salat satu kekurangan starlet generasi ini masih belum dilengkapi powersetering.





5. Toyota Starlet 1.3SEG produksi 1994-1995 4 pintu bermesin 1.3L 5-Speed ( pertamakali pakai powersteering )
Starlet generasi ke-5 ini sebetulnya hanya terjadi perubahan kecil saja pada eksterior bumper dan lampu depan, kelengkapa lain interior dan mesin masih sama, tapi pada generasi ini powersteering sudah menjadi kelengkapan standard, dan betul inilah starlet yang pertamakali menggunakan powersteering.




6. Toyota Starlet 1.3SEG produksi 1996-1999 4 pintu bermesin 1.3L 5-Speed ( Starlet Turbolook )
Kemudian selanjutnya toyota astra mengeluarkan starlet generasi ke-6, dan lagi-lagi bisa kita tebak, perubahan hanya pada eksterior saja, baik mesin maupun interior mobil sama sekali tidak ada perubahan. Perubahan itu meliputi lampu depan yang sudah lebih besar, bemper lebih besar dengan foglamp lebih besar juga. kemudian kap mesin yang terlihat lebih besar dengan tonjolan khas punuknya tanpa lubang intercooler karena masih menggunakan mesin non-turbo. Kemudian juga bemper belakang yang lebih besar dengan motif garis-garis sporty dan satu lagi yang bikin starlet generasi ini semakin keren yaitu spoiler belakang yang sudah dilengkapi lampu LED, wow ini starlet yang paling keren dan paling sporty pada saat itu. Starlet generasi ke-6 ini juga ditawarkan dalam varian girboks matik "special order" oleh Toyota Astra Motor dengan tambahan harga 5jt.




Demikianlah tipe dan varian toyota starlet yang berkiprah di tanah air secara resmi menjadi mobil legenda yang tidak pernah terlupakan sepanjang segalama masa, dan sebetulnya ada varian starlet yang menggunakan mesin 1.000cc pada setiap tahunnya, dan mulai tahun 1995-1999 Toyota Astra Motor tidak lagi memproduksi starlet dengan mesin 1.000cc. memang sungguh disayangkan seali karena ternyata peminat starlet 1.000cc juga sangat besar pada waktu itu, tapi tetap memang yang terlaris dan terbanyak adalah starlet yang memiliki varian 1.300cc karena dirasakan pas buat bodi kecil sehingga performanya sangat baik sekali untuk mobil sekecil ini. 

Toyota Astra Motor menyuntik mati toyota starlet pada tahun 1999



Dan akhirnya Toyota Astra Motor menyuntik mati toyota starlet ini, padahal menurut kabar petinggi Toyota Astra pada waktu itu akan keluar starlet generasi terbaru yang dikenal dengan nama starlet Glanza, namun karena kondisi krisis perekonomian indonesia pada masa 1998-1999 akhirnya versi terbaru starlet glanza untuk indonesia tidak jadi dirilis, dan ini sungguh sangat amat disayangkan. Sebagai pengobat kecewa Toyota Astra mempoduksi Toyota Soluna sebagai generasi pengganti toyota starlet, namun sayangnya toyota soluna tidak dapat mengalahkan kejayaan toyota starlet, dan akhirnya toyot soluna lebih banyak digunakan oleh armada taksi pada saat itu, menyebabkan harga jual kembali toyota soluna tidak semanis kakaknya toyota starlet yang hingga saat blog ini ditulis memiliki rentan harga yang sangat fantastis mulai dari 25 - 75 juta sesuai tahun nya.





Seperti inilah starlet yang gagal masuk pasar indonesia karena krisis 98, rencananya TAM akan memberikan nama "TOYOTA ALL NEW STARLET"  benar-benar sangat amat disayangkan.



Taksi Toyota "starlet" Soluna



Demikianlan sebuah artikel sejarah keberadaan toyota starlet yang beredar di indonesia, gambar diambil dari berbagai sumber diantaranya Google Search Image dan Dokumentasi Bengkel Starno72.


Starno72 - Starlet Specialist
WA.0817-911-0080



1 komentar:

  1. Pingin punya, tp apa dayaku,
    Oh starlet,,,,km emng yahuiii,,, shit suittt
    ......
    Lanjutkan !!!

    BalasHapus