TSS2E - Tune Up Mesin Starlet

Tune Up Khusus Mesin Starlet 1E 1.0 Dan 2E 1.3 Pemilik Toyota Starlet yang merasakan tarikan mesin nya loyo dan kurang kencang lariny...

Selasa, Desember 05, 2017

Fungsi Stabilizer Yang Belum Banyak Diketahui Pemilik Toyota Starlet


Sebagai salah satu mobil kompak berukuran kecil, toyota starlet dibekali mesin yang mumpuni untuk berlari hingga kecepatan cukup tinggi hingga diatas 120km/h. Dengan kecepatan seperti itu jelas keamanan mobil juga patut diperhitungkan, kondisi jalan yang bergelombang, tikungan-tikungan tajam membuat mobil ini harus bisa menjaga kestabilan dengan baik. Bayangkan apa jadinya jika anda mengendarai mobil starlet dengan kecepatan 130km/h tiba-tiba tanpa disadari melewati jalanan bergelombang cukup besar tentu mobil akan bergoyang sangat hebat dan ada kemungkinan loss control, atau tiba-tiba pada sebuah jalan yang halus menjumpai tikungan yang agak tajam secara mendadak dengan kecepatan yang masih cukup tinggi, jelas bila mobil starlet tidak dilengkapi dengan stabilizer akan terjadi body roll dan mengakibatkan lepas kendali yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Mengenal Bermacam Stabilizer Mobil Starlet :


SWAY BAR
Adalah komponen yang dipasang menghubungkan pangkal suspensi depan kanan dan kiri. Kerja alat ini adalah dengan cara menghubungkan suspensi kanan dan kiri mobil secara bersamaan dan konstan, bila terjadi efek body roll komponen inilah yang akan menahan kelebihan body roll. Dan kabar bagusnya komponen ini biasanya sudah menjadi standard pabrik selalu sudah dilengkapi alat ini saat mobil itu dibuat oleh pabrikan, termasuk toyota starlet pada bagian depan sudah dilengkapi dengan komponen ini.






STRUT BAR
Alat ini dipasang pada bagian atas suspensi, fungsi alat ini adalah membuat konstruksi suspensi menjadi lebih kaku, dan secara tampilan juga lebih gagah baik dipasang diruang mesin maupun pada bagian belakang. Sebetulnya fungsi alat ini lebih kepada memperkuat konstruksi sasis mobil bila sering melewati jalan yang rusak, jelas alat ini akan membantu kekuatan sasis mobil. Karena terjadi penguatan sasis mobil lebih terasa stabil, dibandingkan dengan swaybar alat strutbar ini tidak memilik pengaruh apapun terhadap bantingan suspensi mobil.





BUSHING SPORT
Komponen ini sebetulnya sudah ada dalam kondisi standard nya. Cuma biasanya komponen ini aslinya berbahan karet yang sangat kenyal dan lentur. Bushing Sport ini biasanya akan menggantikan bushing standard dengan bahan dari polyurethane yang sangat kaku dan rigid, karena sifat nya yang kaku dan rigid ini akan manambah kemampuan handling mobil jauh lebih stabil




Demikianlah beberapa komponen stabilizer mobil yang lazim digunakan untuk pemakaian harian. Semoba artikel ini dapat memberikan manfaat lebih buat pemilik toyota starlet.


Starno72 - Starlet Specialist


WA. 08179110080



Tidak ada komentar:

Posting Komentar