TSS2E - Tune Up Mesin Starlet

Tune Up Khusus Mesin Starlet 1E 1.0 Dan 2E 1.3 Pemilik Toyota Starlet yang merasakan tarikan mesin nya loyo dan kurang kencang lariny...

Kamis, Desember 14, 2017

6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Starlet Varian 1.0L

Kapasitas Mesin Terkecil Toyota Starlet
Dikenal dengan sebutan tipe 1.0 XL ( kapsul dan kotak 1985 - 1992 )

Sebagai varian toyota starlet yang memiliki kapasitas paling kecil, antusias konsumen otomotif di indonesia ternyata juga masih menyukai varian ini. Hal ini tentu disebabkan atas permintaan konsumen yang lebih memilih kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Dan menurut beberapa testimonial dan klaim pabrikan jepang ini konsumsi bahan bakar yang bisa diukir starlet bermesin 1.0L ini mampu menempuh jarak 19 kilometer hanya dengan satu liter bensin, jelas ini adalah satu keuntungan tersendiri buat starlet varian mesin 1.0L



Namun hal yang jarang diketahui oleh umum adalah produsen negeri sakura ini rupanya menyasar pada kelompok konsumen otomotif tanah air yang memiliki budget rendah, agar harga jual toyota starlet bermesin 1.0L ini lebih murah dan sangat terjangkau. Untuk memproduksi mobil murah tentu saja ada beberapa komponen yang harus dikurangi dan di "specdown" istilah awamnya di "kebiri" ya tentu saja dengan siasat seperti ini produsen mobil dapat memangkas harga jual yang lebih murah.

Baiklah mari kita perhatikan 6 hal yang bisa menjadi masalah varian 1.0L
  1. Tanpa Tachometer, tachometer atau jarum rpm mesin untuk monitoring putaran mesin ternyata absen di versi starlet kotak 1.0L, untungnya untuk yang versi starlet kapsul Toyota Astra Motor masih berbaik hati diberikan tachometer gratisan.
  2. Tanpa Batang Stabilizer ( Swaybar ), entah apa maksud nya fitur penstabil bodi mobil tidak hadir pada varian starlet 1.0L ini baik untuk starlet kotak maupun starlet kapsul.
  3. Tanpa Ventilasi Cakran Rem Depan, lagi-lagi toyota astra memangkas piranti keselamatan ini mungkin dengan pertimbangan varian ini tidak akan bisa dipakai ngebut dan ugal-ugalan.
  4. Diameter Batang As Roda Kecil, nah inilah yang sering bikin pusing pemilik starlet varian 1.0L selain diameter batang as roda lebih kecil ternyata jumlah gerigi batang as roda juga berbeda hanya 21 gerigi, sedangkan yang varian 1.3L berjumlah 23 gerigi. timbul masalah saat mengganti CV joint luar atau dalam, sulit sekali mendapatkan ukuran 23/21. 
  5. Batang As Roda Belakang Lebih Kecil, wah lagi-lagi si toyota astra ini memang niat banget kurangi biaya produksi mobil ini, efeknya tromol belakang varian starlet 1.0L ini juga berbeda ukuran dengan varian 1.3L, tromol belakang varian 1.0L sudah tidak ada yang jual lagi, duh nasib..
  6. Bushing As Roda Belakang Lebih Kecil, kalo urusan kebiri memang toyota astra ini paling jagonya, bukan cuma batang as roda belakang saja yang dikecilin tapi bushing arm belakang juga ikut dikecilin, katanya biar lebih irit karet bushingnya..... hadehhhh.... untung saja rodanya tidak ikut dikecilkan seperti honda scoopy keluaran tahun 2017. wkwkwk.


Starno72 - Starlet Specialist
WA.0817-911-0080



Tidak ada komentar:

Posting Komentar