Servis Kaliper Rem Starlet

Masalah Pada Kaliper Rem Starlet

Suatu ketika pernah ada starleter datang kepada saya, bahwa rem depan starlet kotak nya macet, sehingga menimbulkan kepulan asap pada kampas dan piringan cakram depan, bersamaan dengan itu rem bagel seperti efek blong, bisa di rem namun tidak mampu mencekram pakem. Setelah diperiksa semuanya tidak ada keanehan, minyak rem masih kondisi bagus dan penuh. Tapi ada yang aneh pada mobil, ternyata mobil sulit bergerak didorong pun tidak bisa, dijalankan pun juga sangat berat. Setelah diusut ternyata kaliper rem depan MACET. 

Dalam kondisi kaliper rem depan macet maka dia akan menhasilkan gesekan antara kampas dan cakram rem secara terus menerus, sehingga akan menyebabkan minyak rem mendidih seperti dibakar. Inilah yang menyebabkan efek rem seperti blong, malah beberapa kasus kondisi ini bisa mengakibatkan piringan cakram depan menjadi bara, biasanya kalau sudah begini cakram rem depan sudah agak kurang bagus lagi kalau dipakai karena akan menimbulkan gelombang permukaan piringan cakram yang permanen.
Untuk menghindari kejadian seperti yang disebutkan bisa dilakukan cara membongkar dan membersihkan kaliper rem depan, biasanya yang menyebabkan macet adalah piston kaliper rem depan, terdapat tumpukan kotoran korosif yang cukup tebal, ini akan membuat sekat celah atara piston dan rumah piston kaliper, akhirnya jadi macet.

Siapkan peralatan, dan bongkar kaliper rem depan seperti foto dibawah ini, bersihkan dengan hati-hati hingga sangat bersih.



Kemudian bersihkan juga bantalan braket kaliper, karena disini juga bisa membuat bagian kaliper jadi macet, lepaskan selongsong bersihkan dan berikan gemuk, bila diperlukan ganti juga karet nya.




Rakita kembali kaliper piston seperti diatas, dan pasang kembali, Nah sekarang rem starlet menjadi lebih pakem dan ringan.

Untuk Konsultasi Silahkan WA.0817-911-0080

Salam Starleter