Mengerjakan Sendiri Porting Polish Starlet Standard 1.3 / 2E

Mengerjakan Sendiri Porting Polish Starlet Standard 1.3 / 2E

Porting Polish, sesuai dengan namanya, Porting itu lubang dan Polish itu poles, secara umum dapat diterjemahkan memoles lubang.  Lubang apa yang dipoles? ya tentu saja lubang masuk dan lubang buang saluran ruang bakar. 

Apa Tujuan Porting Polish ?
Porting polish atau kalau dalam bahasa awam anak jalanan biasa disebut korek mesin buat harian atau KOHAR, atau bahasa Bengkelnya PNP, tanpa merubah parts standard bawaan mobil, Lalu kenapa harus diporting polish? jawabnya sederhana, dengan melakukan porting atau menghaluskan dinding saluran masuk dan buang bahan bakar, akan terjadi peningkatan volume metrik campuran bahan bakar bensin dan udara, dengan bertambahnya volume metrik akibat porting polish ini, campuran bahan bakar bensin dan udara lebih cepat masuk ke dalam ruang bakar, itu artinya akan mempengaruhi kemampuan akselerasi mobil juga menambah tenaga mobil standard secara signifikan. Dan uniknya porting polish ini tidak akan membuat mesin mobil jadi boros bahan bakar, malah akan terjadi peningkatan efisiensi pembakaran, karena campuran bahan bakar lebih cepat masuk  dan lebih besar volume nya.

Berapa Biayanya ?
Biaya pengerjaan porting polish sangat bervariatif disemua bengkel mobil kisaran 4-7 jt. per mobil. memang cukuplah mahal bagi sebagian orang.

Mengerjakan Sendiri Porting Polish
Sebetulnya porting polish bisa dikerjakan sendiri dengan biaya yang sangat murah, cukup sediakan paking set dan sebuah kompresor mini dan set pisau porting polish seperti foto dibawah ini.



Foto 1





Bongkar dan lepaskan blok mesin atas seperti pada foto, terlihat  banyak sekali kerak karbon sisa pembakaran mesin yang menumpuk. Bersihkan head cylinder sampai benar-benar bersih sampai tidak ada kerak hitam yang tersisa.

Foto 2




Setelah mesin di bersihkan, bisa langsung mulai tahap porting, yaitu mengikis dinding saluran masuk dan buang, Kerjakan dengan hati-hati dan teliti jangan sampai terlalu dalam mengikis karena dapat menyebabkan kebocoran jalur oli dan air.

Foto 3









Setelah selesai dilakukan porting, maka sekarang dilakukan polishing, yaitu menghaluskan dinding saluran masuk ruang bakar. Sekarang sudah jelas terlihat lubang saluran lebih besar dari sebelumnya dan permukaan dalam dinding menjadi sangat halus, siap dipasang kembali.

Bila ada pertanyaan silahkan hubungu STARNO72 via WA.0817-911-0080

Salam Starleter.