Kupas Karburator Starlet Autochoke Dan Lihatlah Apa Yang Terjadi

Ada Apa Didalam Karburator Starlet

Carburetor atau Karburator, adalah alat pengabut bahan bakar sebelum campuran bahan bakar ini terbakar diruang bakar. Karburator berperan memberikan campuran ideal 1:14 yaitu 1 banding bensin berbanding 14 banding udara, atau yang dalam dunia otomotif sering disebut "lamda" 

Tidak seperti mesin injeksi, alat ini tidak membutuhkan kelistrikan yang terlalu kompleks seperti mesin injeksi modern pada starlet yang sudah autochoke terdapat dua buah kabel warna merah dan hitam, yang merah untuk bimetal autochoke dan yang hitam untuk solenoid petrol stopper. Walaupun alat ini tidak membutuhkan kelistrikan namun dia tetap memerlukan sebuah membran bensin yang bertugas menyuplai bensin dari tangki bahan bakar ke alat karburator ini. Membran bensin ini digerakan oleh poros mesin atas atau noken as yang digerakan secara mekanis, sangat sederhana sekali. Membran bensin ini bekerja berdasarkan gerakan vakum mekanis yang akan memompa bensin dari tangki ke karburator. 

Untuk Starlet keluaran tahun 90 keatas biasanya akan terdapat 3 buah pipa membran bensin ini. 2 buah pipa untuk masuk dan keluar bensin dan satu pipa lagi untuk dikembalikan dan disirkulasikan lagi ke tangki bahan bakar. Toyota cukup cerdas membuat sistem ini, dengan sistem ini tekanan bensin kedalam karburator akan lebih konstan dan stabil, dan bensin akan di sirkulasikan ulang ke tangki bensin ( agak mirip dengan mesin injeksi ), hasilnya bensin yang ada didalam tangki bensin akan selalu bersih dari kotoran-kotoran halus, ini karena kotoran itu akan tersaring pada filter bensin yang dipasang pada saluran selang sebelum membran. Dan inilah sebabnya mengapa tangki bensin starlet selalu bersih tidak pernah kotor.



Kareburator Starlet 97
Sebenarnya karburator starlet ini tidak akan rusak dan dapat dipakai seumur hidup, masalah yang biasa terjadi adalah adanya penumpukan kotoran seperti lumpur karat. Lumpur karat ini memang bisa lolos dari filter bensin dikarenakan ukuran partikel lumpur karat ini seperti pasir halus, dan berkumpul pada bagian penampung bensin dalam karburator. Bila lumpur karat ini sudah terlalu banyak, biasanya lumpur akan naik dan tersedot ke spuyer utama dan spuyer stasioner. bila tersedot spuyer stasioner, mesin mobil tidak akan bisa rata saat mesin dalam kondisi hidup stasioner, Dan bila lumpur karat ini tersedot kedalam spuyer utama, akan menyebabkan perbandingan campuran udara bensin tidak ideal lagi, bensin akan lebih banyak masuk keruang bakar, biasanya ini ditandai dengan buangan knalpot berwarna hitam pekat, juga bisa dilihat dari kondisi busi yang juga akan berwarna hitam sangat pekat karena terlalu banyak bensin yang masuk kedalam ruang bakar.

Cara Servis Karburator
Buat yang paham bongkar silahkan dicoba bongkar sendiri, tapi kalau yang belum paham lebih baik minta tolong sama yang sudah paham, karena karbu ini adalah alat yang memiliki spare parts paling rumit, banyak sekali bagian-bagian yang bisa dilepas. Lepaskan terlebih dahulu karburator dari manipol, disana ada baut empat buah, lepaskan semuanya termasuk jalur bahan bakar, kabel gas, selang air pendingin karbu, selang-selang vakum.

Setelah karburator berhasil dilepas, gulingkan karburator menghadap kebawah, ini tujuannya agar bensin sisa yang masih ada dalam penampungan akan keluar. Kemudian satu persatu lepaskan semua baut dan link mekanis yang terdapat di badan karburator.






Setelah karburator berhasil dibongkar dalamnya seperti yang terlihat pada foto diatas, siapkan paking set karbu biasanya gunakan CARBURETOR REPAIR KIT tersedia di toko onderdil harganya  sekitar 200rb. Didalamnya sudah lengkap termasuk spuyer utama, skunder, pilot jet, pompa akselerator, sekrup setelan angin, paking atas dan bawah karburator, oring, kancing pengunci link karbu dan lain-lain.

Jaman dulu biasanya membersihkan karburator pakai minyak tanah, tapi sekarang minyak tanah sudah tidak ada lagi yang jual, jadi penggantinya adalah CARBURATOR CLEANER yang banyak dijual di toko onderdil, terbukti ampuh dan bersih, jadi gak perlu lagi bersihkan karbu pakai tiupan kompresor dan minyak tanah kayak jaman dulu. Cukup satu botol carb cleaner bisa membersihkan tuntas masalah kotoran karbu yang membandel.

Pastikan semua bagian sudah dilepas, dan bersihkan setiap jalur lubang yang ada dengan cara semprot langsung lewat sedotan carb cleaner. Bersihkan dengan seksama pada bagian lubang venturi karbu dan pengabutnya, karena disana ada lubang yang sangat kecil sekali, agak sulit lihatnya kalau tidak seksama, lubang itu berfungsi sebagai ventilasi pengabut lubang venturi, biasanya lubang ini yang sering luput oleh montir, tidak dibersihkan.

Setelah semua bersih, gunakan lap bersih dan keringkan dengan lap bersih, sampai semua bagian terlihat bersih. siapkan carburetor repair kit, ganti semua bagiang yang tersedia, tapi ingat spuyer primer dan skunder jangan diganti, biarkan dalam kondisi aslinya.

Rakit kembali karburator seperti semula, dan pasangkan kembali ketempatnya, berikan sedikit semprotan carburator cleaner untuk memancing agar mesin mudah dihidupkan saat pertama. Setelah mesin berhasil hidup lakukan penyetelan stasioner dan idle up stasioner sampai didapatkan putaran stasioner mesin yang sangat rata.

Demkian semoga artikel ini bermanfaat buat para starleter di indonesia.

Salam Starleter
STARNO72