Bisakah Pasang Piston Terbalik Pada Mesin Starlet ?

Artikel Mesin Starlet - Mungkinkah Pasang Piston Terbalik Pada Mesin Starlet

Ada kasus dimana sebuah bengkel mengatakan bahwa jebolnya mesin disebabkan karena pemasangan piston terbalik, padahal mobil tersebut sudah turun mesin sekitar 5 bulan yang lalu dengan penggantian piston dan ring ukuran 50 dan mobil sudah dalam kondisi mesin hidup dan normal digunakan selama kurang lebih lima bulan berjalan. Mari kita simak penjelasan mengenai kemungkinan pemasangan piston terbalik.

Desain Piston Mesin Starlet Tidak Simetris.
Perhatikan foto dibawah ini adalah foto piston mesin starlet baik 1E atau 2E sama saja bentuknya. Coba perhatikan dengan seksama kepala piston memiliki desain bentuk yang memang tidak simetris. Ada coakan yang berbentuk senyuman. Coakan ini berfungsi sebagai tempat terjadinya pembakarang dan celah gerak klep. Dengan Coakan ini kompresi hasil campuran udara besin di kompres dan dibakar di ruang coakan ini. Coakan ini juga sebagai celah gerak klep buka dan tutup. Saat klep membuka dia akan menonjol keluar.

Apa Yang Terjadi Kalau Pemasangan Piston Terbalik ?
Karena desain piston yang memang tidak simetris, dimana letak coakan adalah segaris dengan dua buah klep masuk dan buang yang secara teratur bergerak menonjol dan menutup, maka bila pemasanagn piston terbalik, coakan kepala piston sudah tidak segaris lagi dengan posisi dua buah klep besar, akibatnya kepala piston akan beradu dengan klep, dan klep akan bengkok atau patah, dan mesin tidak akan pernah bisa dapat dihidupkan sama sekali, karena akan terjadi benturan dengan suara yang sangat keras.








Salam Starleters,

Starno72 memberikan Konsultasi Gratis setiap pemasalahan yang ada pada Toyota Starlet. di 08179110080 atau PIN BBM : 7D21529D