Bedah Karburator Starlet

Bedah Karburator Starlet Dan Temukan Penyakit Yang Sering Terjadi. 

Toyota Starlet baik yang tipe 1.000cc maupun yang 1.300cc versi Toyota Astra Motor masih mengandalkan karburator sebagai pengabut bahan bakarnya. Perlu diketahui rata-rata mobil keluaran tahun 2000 keatas sudah menggunakan injeksi komputer sebagai pangabut bahan bakarnya.

Soal plus minus selalu ada antara mesin injeksi dan mesin karbu. Mesin injeksi terkenal memang lebih irit bahan bakar saat melalui jalanan macet, sementara mesin karbu sangat mudah dan murah dalam hal biaya perawatan karena tidak ada komponen sensitif.

Bagi yang masih awam apa sih gunanya karburator? begini penjelasan singkatnya : pembakaran akan terjadi kalau ada bensin, udara dan api. Nah tugas karbu ini adalah memberikan perbandingan bensin dan udara yang tepat untuk pembakaran dalam mesin. Perbandingannya adalah 1:14,7 maksudnya adalah 1 bagian bensin dicampur dengan 14,7 bagian udara. Dalam istilah tekniknya dikenal dengan Lamda. Pada mesin injeksi pun sama harus berada dalam kondisi lamda 1:14,7 tapi yang mengatur adalah perangkat elektronik sehingga lebih tepat.

Pada karbu perbadingan udara dan bensin dipilah oleh venturi yang berbentuk spesifik tirus. Tidak memerlukan peralatan elektronik untuk mendapatkan campuran udara bensin dengan tepat. Pada kondisi karbu yang sehat dan normal maka perbandingan ideal bisa dijaga. Tapi pada kasus tertentu dimana pemakaian karbu sudah terlalu lama, sehingga perlu dibersihkan gejala perbadingan tidak tepat selalu terjadi, akibatnya bensin boros, mesin tersendat-sendat, tidak ada tenaga, susah untuk starter, asap knalpot ngebul berwarna hitam pekat. itulah adalah tanda-tanda ada masalah pada karbu.

Tapi tenang saja, merawat mesin karbu ternyata mudah dan murah gk perlu peralatan khusus, yang penting tau bagian mana yang harus dibersihkan, berikut ini disajikan bedah karbu starlet semoga bermanfaat.

Karbu



Penampakan karburator starlet sebelum dibongkar. Terdiri dari bagian utama karbu yaitu venturi primer dan venturi skunder. pada foto venturi primer berada dalam kondisi tertutup oleh bilah cuk otomatis, gunanya memberikan campuran bensin lebih banyak saat start mesin pagi hari. Venturi primer berfungsi melayani putaran mesin 1000-4000 RPM dan secara bersamaan terbuka Venturi Skunder akan melayani putaran mesin 4000-6500RPM. Jadi sangat jelas bukan bila ada salah satu masalah pada venturi biasanya mobil tidak bisa mulus berjalan atau malah tidak bisa lari cepat dijalan bebas hambatan.



Beginilah rupa karbu saat di lepas bagian atasnya, sangat jelas terlihat disitu ada tiga buah rongga utama. Rongga Venturi Primer, Venturi Skunder dan Kontainer Bensin. Terlihat ada seperti koin berwarna kuning didalam rongga venturi primer dan skunder, koin kuning ini bergerak sesuai dengan pijakan pedal gas. semakin pedah gas ditekan dalam maka seluruh rongga venturi ini akan terbuka arus udara dan bensin pun semakin mengalir deras ke dalam ruang bakar. Kontainer Bensin berfungsi menyediakan pasokan bensin secara konstan ke rongga venturi. Bila terjadi kelebihan atau kekurangan bensin dalam kontainer ini mesin akan tersendat-sendat, pastikan kontainer ini selalu bersih tidak ada kotoran atau lumpur.




Foto diatas adalah komponen utama karbu starlet yang sering mengalami gangguan karena tersumbat atau umur. Terliha di foto tersebut terdapat pelampung karbu yang berfungsi mengkontrol permukaan kontainer bensin dalam karbu, agar permukaan bensin tepat tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak, Karbu banjir juga sering disebabkan ada masalah pada jarum pelampung seperti penampakan foto diatas sebelah pelampung karbu yang berwarna hitam. Komponen lainnya adalah, nozzle penyemprot bensin dalam venturi, disinilah banyak mekanik kurang memperhatikan lubang lubang sangat kecil yang terdapat pada nozzle venturi. disana ada lubang yang sangat kecil yang nyaris tidak terlihat bila tertutup kotaran. Kotoran itu tidak dapat dibersihan dengan car disikat, tapi harus di semprot oleh kompresor atau cairan khusus pembersih karburator. Juga terdapat power jet pressure dan spuyer, pilot jet dan jarum penyetel angin untuk idle mesin.
Pilot jet paling sering tersumbat karena kualita bensin yang tidak bersih, banyak lumpur menempel disana dan menyebabkan mesin tidak mau stasioner dan sulit untuk dihidupkan. Powerjet dan pressur power jet juga sering bermasalah karena tidak mau bergerak, Gejalanya masalah powerjet adalah akselerasi tidak mulus dan selalu menyendat pada putaran tertentu.

Auto Choke / Cuk Otomatis
Sesuai dengan namanya cuk otomatis selalu ada pada mesin yang masih menggunakan karburator baik itu mesin mobil atau mesin motor. Namun pada starlet sudah terdapat cuk otomatis, jadi gk perlu repot menarik cuk tiap kali starter mesin pagi hari, cuk secara otomatis bekerja. Rahasia cuk otomatis ini terdapat pada komponen bimetal seperti pada foto dibawah ini. Terdapat spiral bimetal disana, sifat bimetal bila dialirkan listri dia akan mengembang atau bergerak kearah tertentu, pergerakan ini dimanfaatkan untuk menggerakan lengan klep cuk. Jadi saat mesin dalam keadaan dingin klep cuk harus tertutup, dan saat mesin sudah panas dia akan terbuka penuh. Kebanyakan mekanik kurang memperhatikan mekanis cuk sehingga cuk tidak dapat bekerja malah yang lebih fatal cuk akan menutup terus, menyebabkan asal ngebul hitam, tidak ada tenaga dan boros bensin.




Nozzle dan Pilot Jet Karbu
Coba perhatikan parts tersebut dbawah ini, ternyata banyak sekali lubang disana, dan rata-rata lubangnya berukuran sangat kecil sekali sehingga sangat sering tersumbat bila kualitas BBM tidak bersih. Bersihkan dengan seksama, semprot bagian lubang yang kecil dengan penyemprot karburator sampai terlihat bersih. Begitupun pilot jet juga power jet. Bersihkan dengan teliti jangan sampai terlewat, saya menyarankan bersihkan dengan penyemprot khusus karburator.





Kesimpulan
Menangani masalah karburator starlet sangat mudah, cukup bersihkan bagian bagian yang rawan tersumbat perhatikan setiap lubang-lubang yang ada bersihkan dengan baik sampai benar-benar bersih.

Salam
Starno72