Blok Mesin Starlet 2E vs 4E

Blok Mesin Starlet Karbu vs Starlet Turbo

Komponen mesin yang paling utama sebagai pondasi mesin adalah blok mesin, Blok ini adalah tempat atau rumah seluruh komponen mesin dari hasil pembakaran menjadi tenaga. Tahukah anda bahwa blok mesin starlet karburator dan starlet turbo adalah sama persis, hanya sedikit sekali perbedaan, perbedaan itu terletak pada diameter bore untuk mesin 2E karbu adalah 73mm sedangkan diameter bore untuk mesin 4E adalah 74mm. Perbedaan yang lain adalah pada blok 4E terdapat ekstensi lubang oli, ektensi ini biasanya digunakan untuk pendingin turbo.

Jadi kalau mau ganti mesin 4EFTE Turbo tapi nomer mesin masih mau pakai nomer yang lama atau aslinya bisa dengan cara bore up 1mm. Dengan cara ini gk perlu lagi ketok nomer mesin atau gendong mesin, karena bloknya terpakai dan sesuai yang tertera di STNK.

Atas Blok 4EFTE - Bawah Blok 2E Karbu


Trik Mendapatkan Kompresi Bawah Lebih Tinggi
Karakter mesin 4EFTE Turbo adalah low compression sedangkan karakter mesin 2E high compression. Untuk harian bisa pakai shortblock 2E lengkap dengan piston tapi menggunakan head 4EFTE yang sudah adopsi DOHC 16 Valve. Kombinasi Shortblock 2E dengan Head 4EFTE Turbo menghasilkan mesin dengan kompresi yang lebih tinggi, kelebihannya adalah pada putaran bawah mesin sudah mendapatkan tenaga, hasilnya power band lebih besar lagi dan gejala turbo lag hampir tidak terasa. Akan tetapi perlu diperhatikan adalah boost turbo harus dikurangi, ini mencegah mesin overcompression yang bisa akibatkan mesin pecah.

Bagaimana, berminat Mencoba?

Starno72
08179110080