Pompa Oli Mesin Starlet

Setiap mesin mobil pasti ada komponen yang satu ini pompa oli. Pompa oli bisa di analogikan sebuah jantung yg tugasnya menyalurkan oli mesin kebagian komponen gesek mesin seperti ring piston, metal jalan metal duduk, bagian overhead mesin camshaft dan pelatuk klep dan bagian-bagian gesek mesin yg membutuhkan pelumasan oli agar mesin bisa bekerja lancar.
Oli pada bak oli atau yang sering disebut karter di isap oleh pompa oli yg digerakan oleh timing belt dari poros utama mesin. Selain nensirkulasikan oli alat ini juga berfungsi mempertahankan tekanan oli secara konstan agar oli dapat mencapai bagian-bagian yang jauh dan sangat sempit.

Oleh sebab itu coba bayangkan bila alat ini rusak atau tidak normal. Sirkulasi oli dan tekanan oli akan terganggu dan akibatnya komponen gesek bekerja tanpa pelumasan akan berakibat gesekan yg merusak metal itu sendiri.

Kalau sudah seperti itu mesin akan mengalami kerusakan yg cukup parah.

Indikasi alat ini bekerja adalah pada panel indikator lambang oli harus mati saat mesin hidup. bila tetap menyala artinya tekanan oli tidak cukup kuat melumasi bagian mesin.

Komentar