Komponen Delco CDI Starlet

Salah satu komponen mesin yang sangat vital adalah Delco CDI. Alat ini bertugas memberikan percikan api didalam ruang bakar secara beraturan agar terjadi pembakaran.

Dalam usia mobil yg sudah melewati 15thn. Tentunya komponen tersebut mengalami kerusakan karena umur.

Komponen Delco CDI yang utama adalah :

1. Ignitor. Alat ini bisa dibilang otaknya CDi. Alat ini yg mengatur percikan api. Kalau alat ini rusak biasanya mesin tidak akan bisa nyala.

2. Generator Kit atau Spul CDI
Sesuai dgn namanya alat ini akan membangkitkan pulsa pengapian sesuai dgn putaran poros mesin. Bentuk alat ini terdiri dari bagian magnet dan kumparan. Biasanya alat ini sangat jarang sekali rusak. Yang sering terjadi adalah karena suatu hal bagian kumparan berantakan karena tersenggol magnet rotor yg berputar cepat. Kalau ini terjadi mesin juga akan mati total tidak akan bisa nyala.

3. Koil Internal.
Alat ini adalah sebuah trafo teganhan tinggi yang akan menghasilkan loncatan buga api yg akan disalurkan lewat kabel busi dan busi didalam ruang bakar. kalau alat ini rusak biasanya mesin suka mati tiba-tiba dan nanti setelah dingin mesin dapat dihidupkan kembali.

4. Kondensator Delco
Sesuai dengan namanya alat ini berfungsi untuk meratakan dan men stabilkan arus juga menguragi interfensi elektromagnetik terhadap perangkat audio mobil. Sebetulnya alat jni tudak pernah rusak tapi biasanya kerjanya sudah tidak bagus krn ada kebocoran listrik. Kalau alat ini rusak biasanya mesin mobil suka tiba-tiba tersedak atau nembak dan akselerasi mesin jadi tidaj mulus.

Komentar