Paket PCV Valve

Ganti Sendiri PCV Valve Tanpa Bongkar Mesin

Salah satu komponen mesin yang juga sangat penting adalah PCV (Positive Crankcase Valve)PCV valve ini adalah sebuah katup  yang di pasang di kepala tutup paling atas mesin menuju intake manipol melalui sebuah selang.

Fungsi utama PCV adalah sebagai sarana ventilasi untuk sirkulasi udara didalam mesin. Selain itu juga PCV ini juga berfungsi mengalirkan uap oli yang terjadi akibat panas kemudian akan dibakar kembali sehingga asap buang knalpot mobil lebih bersih. 

Jika PCV rusak, maka tidak terjadi sirkulasi udara yang baik dalam ruang mesin, sehingga menyebabkan uap oli akan ketarik masuk ke dalam rumah filter, yang selanjutnya akan membuat karburator menjadi basah dan kotor. Dalam waktu lama uap oli ini akan menganggu mesin karena bisa menimbulkan mesin jadi ngebul dan stasioner mesin tidak berlangsung mulus, mesin kedengaran pincang.

Kerusakan PCV ini biasanya dikarenakan umur pakai. biasanya dalam jangka waktu 5 tahun alat ini biasanya rusak dan tidak bekerja normal. Usahakan memakai PCV yang asli untuk starlet karena spesifikasinya sesuai.

PCV Orisinal Starlet

Untuk penggantian PCV ini sangat mudah bisa dilakukan sendiri seperti foto-foto dibawah ini :


Buka Filter Udara Disana Ada Genangan Oli Dekat Lubang Selang

Congkel Dengan Menggunakan Sebuah Obeng

Bersihkan Dengan Lap Kering dan Bersih

Pasang Seal PCV Lebih Dahulu

Pasang PCV dengan Cara  Menekan Hingga Masuk

Pasang Kembali Selang.

Starno72
08179110080