Tips - Mengatasi Kopling Getar Keras

Menghaluskan Roda Gila / Flywheel

Pernahkah starleter merasakan saat kondisi macet, saat perlahan melepaskan pedal kopling, bodi mobil bergetar amat kerasnya seperti ada yang mau lepas? Padahal belum lama ganti kopling set seharusnya tidak seperti ini.

Jawabannya adalah dalam sebuah sistem mekanis kopling ada dua buah permukaan yang akan bersentuhan dengan plat kopling/kampas kopling, kebanyakan starleter atau bengkel hanya mengganti rumah kopling/dekrup/matahari saja, tanpa memperthatikan permukaan roda gila/flywheel. Dalam kasus seperti diatas biasanya permukaan roda gila dalam kondisi yang bergelombang atau tidak rata karena dampak dari plat kopling yang sudah terlalu lama tidak diganti, atau bisa juga disebabkan karena pernah menerjang banjir terlalu dalam, sehingga air masuk kedalam plat sehingga terjadi korosi, korosi ini akan membentuk permukaan bopeng-bopeng dan akan menyebabkan gelombang dan inilah yang akan menyebabkan kopling bergetar keras.

Perhatikan foto dibawah ini adalah roda gila yang sudah dihaluskan permukaannya :

Menghaluskan Permukaan Bisa Dilakukan Di Tukang Bubut.

Sangat disarankan apabila starleter mengganti kopling set selalu memeriksa kondisi permukaan roda gila/flywheel, coba rasakan dengan jari tangan bila terasa kasar dan gelombang haluskan segera, karena bila dibiarkan seperti itu akan merusak perangkat kopling yang lain.

Demikian Tips ini semoga bermanfaat.

Starno72
021-32929696