Memperbaiki Otomatis Switch Fan Radiator

Modalnya Cuma Seutas Kabel 


Sejatinya kipas radiator berfungsi memberikan efek mendinginkan radiator dengan cara menghisap udara dari radiator. Udara luar masuk kedalam kisi-kisi atau elemen pendingin akibatnya dapat mendinginkan air yang disirkulasikan kedalam blok mesin sebagai pembuang panas.

Akan tetapi mesin memiliki temperatur kerja tertentu sehingga secara teoritis tidak perlu mendapatkan pendinginan kipas radiator secara terus menerus. Oleh sebab itu perancang mesin memikirkan efisiensi penggunaan kipas radiator lewat sebuah switch thermal yang mengatur kapan membutuhkan tenaga kipas untuk membantu mendinginkan radiator.

Sistem otomatis fan radiator yang tidak bekerja normal mengakibatkan kipas radiator selalu dalam posisi menyala walau mesin baru dinyalakan, dan ini sebetulnya ada pemborosan tenaga listrik dan tidak ada efisiensi panas mesin yang harus dijaga untuk kerja ideal mesin.

Akibatnya adalah mesin terlalu dingin, pemakaian listrik terlalu boros, dan dalam pemakaian jangka panjang motor kipas radiator lebih cepat rusak karena selalu bekerja terus menerus. Untuk mengembalikan kepada kondisi normal sebetulnya gampang sekali, hanya perlu menggunakan seutas kabel. kabel ini diperlukan sebagai pengganti kabel asli yang sudah kurang bisa menghantar lagi. Maka dibuatlah kabel baru diluar kabel asli yang bertujuan agar terjadi hubungan antara relay dan switch fan radiator.

Perhatikan gambar dibawah ini, terdapat sebuah soket switch fan yang akan disambung atau di jumper ke dalam relay:


SAMBUNGKAN KABEL BARU KE SOKET INI

INI ADALAH SWITCH FAN RADIATOR

PALING KIRI ADALAH RELAY FAN RADIATOR

SAMBUNGKAN SEUTAS KABEL TADI KE LUBANG SOKET RELAY RADIATOR. 

Bila pemasangan sudah benar, maka otomatis switch akan berfungsi dan kipas radiator akan menyala saat diperlukan saja.

Demikian Tips Sederhana ini - Selamat Mencoba