Mencari Penyebab Bunyi Klutuk- Klutuk

Apa Yang Menyebabkan Bunyi Di Kaki Depan

Starleter pasti pernah mengalami starletnya ada bunyi bunyi disekitar kaki depan bila melintasi jalan yang agak bergelombang. Bunyi klutuk klutuk seperti suara di ketok martil sering bikin jengkel dan menyebalkan.

Komponen yang paling banyak link memang biasanya terdapat pada roda depan, karena roda depan berfungsi sebagai kemudi, penyalur tenaga, peredam getaran, dan fungsi pengereman. Jadi kalau dipikir tugas roda depan starlet itu terlalu berat maka tidak heran ban depan starlet lebih cepat habis dibanding ban belakang.




Kembali kepada bunyi bunyi dibagian kaki depan, setelah memperhatikan foto diatas, ada beberapa komponen yang saling berkaitan. Komponen itu membentuk suatu link. Karena usia pemakaian, kondisi jalan dan pemakaian ban yang kurang tepat, komponen link tersebut mendapatkan beban kerja yang sangat berat yang selalu menahan getaran goncangan. Kita bisa membayangkan mirip dengan engsel pintu rumah yang selalu dibuka tutup secara konstan, lama kelamaan engsel rumah tersebut akan rusak atau haus dan menimbulkan bunyi karena tidak ada pelumasan dan kerja beban berat.

Untuk mengatasinya starleter bisa mengganti komponen tierod, long tierod, karet bot stir atau juga cross   joint stir. Sebaiknya komponen diganti semuanya baik kiri dan kanan untuk menghindari masalah yang sama karena umur pemakaian yang tidak sama.

Bila semua sudah diganti tapi suara masih muncul, kemungkinan terparah ada pada rackstir. Dari pada mengakali rackstir yang sudah rusak lebih baik mengganti dengan yang copotan seken yang kondisinya masih bagus. Setir akan kembali lebih sunyi dan nyaman.

Starno72
08179110080