Divonis Turun Mesin Padahal Cuma PCV Rusak

PCV Rusak Bisa Bikin Knalpot Ngebul


Pernah suatu ketika starleter mendapati knalpotnya ngebul tiba-tiba padahal sebelumnya tidak sama sekali. Karena khawatir terjadi apa-apa maka dibawanya starlet itu ke bengkel entah dimana. Alhasil bengkel tersebut mengatakan mobil ini harus turun mesin karena olinya udah naik.

Dengan perasaan yang agak shock dan sama sekali tidak yakin harus turun mesin karena sebelumnya mobilnya baik-baik saja. Sontak saat dia asik-asik browsing teringat akan mobilnya yang lagi masalah itu, entah mengapa keluarlah website starno72. Segera beliau mengontak saya mengutarakan permasalahan yang dialaminya.




Dan saya meminta kepada beliau untuk memeriksa kondisi rumah filter, buka baut dan pengaitnya angkat filter udara apakah ada genangan oli disitu? ternyata beliau bilang ada spt foto dibawah ini :

Perhatikan bagian yang basah, oli mesin sudah menggenangi daerah itu

Inilah biang keladi yang bikin asap knalpot ngebul



Parts ini yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah itu.


PENJELASAN :
Mesin mobil adalah alat yang bisa membakar bahan bakar dan diubah menjadi tenaga. Dalam proses pembakaran itu maka terjadilah panas didalam mesin. Udara yang terlalu panas ini harus dikeluarkan oleh sebuah saluran yang melalui alat PCV ini, dan diteruskan keruang bakar lewat saluran masuk manipol bahan bakar. Bila tejadi kerusakan pada PCV ini maka saluran akan terganggu, alhasil oli yang seharusnya bisa diteruskan keruang bakar malah tersedot balik ke arah karburator, sehingga oli akan naik membasahi rumah filter dan selanjutnya oli akan ikut masuk secara tidak terkontrol dan akibatnya oli ikut terbakar diruang bakar, sehingga asap buang knalpot jadi ngebul dan berbau.