Petunjuk Pemasangan Bubble Water Injection

Petunjuk Pasang dan Mengatasi Masalah Bubble Water Injection
Bubble Water Injection atau sering disingkat BWI adalah teknologi water injection yang ditemukan dan dibuat sendiri oleh Bengkel Starno72 sejak tahun 2008 dan sudah di-uji-coba kan di toyota starlet selama 2 tahun hasilnya cukup memuaskan tambah tenaga dan hemat bbm. Sudah mengalami 3 kali penyempurnaan hingga seperti sekarang ini. Bubble Water Injection yang diproduksi secara ekslusif hanya untuk toyota starlet ini sudah terjual lebih dari 1000 unit untuk seluruh wilayah indonesia, dan juga pernah dijual ke Malaysia dan Brunei utk pemesanan khusus.

Produksi Bubble Water Injection sangat terbatas karena dikerjakan sendiri tanpa bantuan mesin, dan dirakit sendiri, karena itu sering kewalahan menerima order pemesanan BWI ini.

Dasar kerja BWI ini sepenuhnya mengadopsi teknik water injection yang sudah ditemukan sejak perang dunia ke-2, dimana waktu itu semua alat perang dan kendaraan perang menggunakan water injection untuk menambah tenaga sekaligus mengatasi borosnya bahan bakar kendaraan perang.

Keunggulan Bubble Water Injection dibanding Water Injection lain :
- Pemasangan sangat mudah sekali oleh orang awam sekalipun.
- Tidak perlu bongkar mesin hanya menyambung selang saja
- Tidak membutuhkan listrik tambahan
- Gampang bongkar pasang
- Tidak ada efek samping saat BWI bermasalah
- Tidak ada resiko kebakaran karena Tabung hanya berisi air.
- Awet dipakai hingga 3 tahun tanpa perawatan sama sekali.
- Harga sangat murah hanya Rp.350rb. sudah termasuk ongkos kirim atau biaya pemasangan.


Bila pecinta starlet sudah membeli atau menemukan starlet nya sudah dipasangkan Bubble Water Injection, maka artikel tips dan trik dibawah ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah.

Langkah 1
Pastikan ada selang yang berwarna merah yang menuju mesin. Selang ini biasanya ada kalau mesin starlet dalam kondisi standard. Selang ini sebetulnya adalah selang buntu tidak terpakai dalam kondisi standard, biasanya selang ini sering di sumbat oleh besi kecil atau baut/mur. Pastikan selang ini menghisap dengan kuat saat mesin dihidupkan. Kalau tidak ada hisapan dari selang ini berarti selang ini mengalami penyumbatan. Lakukan pemeriksaan bila perlu bongkar karbu untuk membuat selang ini dapat menghisap udara.
Pastikan Selang ini ada dan menghisap udara saat mesin nyala.

Langkah 2
Pastikan selang pembuangan AC dalam kondisi yang baik tidak putus atau patah atau bocor seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

Selang pembuangan AC harus dalam kondisi bagus

Langkah 3
Ikatlah tabung BWI dengan kabel plastik pengikat (insulot yang tersedia), posisikan seperti gambar dibawah ini.

Ikat Tabung BWI dengan pengikat plastik yang tersedia
Langkah 4
Sambungkan bagian ujung BWI yang mengarah ke karburator pada selang berwarna merah masukan saja seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa biar tidak mudah lepas berilah pengikat plastik pada leher sambungan dan selang biar tidak mudah lepas karena getaran mesin. Jangan lupa buka keran BWI agar bisa menghisap air.
Buka Keran air BWI, sedikit saja jangan terlalu banyak karena bisa lepas

Sambung dan ikat ujung BWI
Langkah 5
Sambungkan ujung BWI yang satu lagi ke saluran selang pembuangan AC seperti pada gambar dibawah ini dan biarkan lubang yang satunya berfungsi sebagai bypass air. Jangan lupa ikat dan rapihkan agar tidak mudah terlepas saat mesin menyala.




Langkah 6
Pemasangan BWI sudah selesai saatnya mencoba. Nyalakan mesin dan nyalakan knob AC seperti gambar dibawah ini, biarkan selama 15-25menit agar air naik kedalam tabung BWI sampai penuh. Bila air sudah penuh BWI sudah mulai bekerja dan terlihat ada banyak gelembung udara dalam tabung BWI.

Nyalakan Mesin dan Nyalakan AC selama 15-25 menit
Bila BWI bekerja ditandai dengan penuhnya air dalam Tabung BWI. Terdapat Gelembung seperti akuarium di dalam tabung BWI


Sekarang Bubble Water Injection sudah bekerja, tidak perlu perawatan sama sekali dan tidak perlu menambah air selamanya.



Mengatasi Masalah Bubble Water Injection
Masalah BWI biasanya adalah tersumbat karena kotoran. Bila mesin dan ac menyala dan air yang ada dalam tabung BWI tidak ada gelembung udara itu tandanya BWI tidak bekerja normal, terjadi penyumbatan yang biasanya terjadi pada spuyer BWI.

Langkah 1
Lepaskan selang pada bagian spuyer BWI

Lepaskan selang pada bagia spuyer
Langkah 2
Lepaskan spuyer seperti gambar dibawah ini.
lepaskan spuyer agar mudah membersihkan
Langkah 3
Carilah kabel bekas yang tidak terpakai, kupas dan ambil serabut kabel sehelai saja.
Ambil sehelai saja serabut kabel bekas
Langkah 4
Sehelai kabel tadi di tusukan kedalam lubang spuyer hingga tembus seperti pada gambar dibawah ini.


Langkah 5
Pasang kembali spuyer dan coba hidupkan mesin dan nyalakan AC bila tabung penuh air berarti BWI sudah normal bekerja, kalau tidak ulangi lagi ke langkah nomer 1.



Demikianlah agar artikil tips dan trik ini bisa bermafaan untuk pencinta starlet yang sudah menggunakan Bubble Water Injection produksi bengkel Starno72. Bila masih ada yang kurang jelas bisa menghubungi via telpon atau sms agar bisa dibantu secepatnya. Dan terimakasih atas kepercayaan untuk menggunakan produk Bubble Water Injection ini.




Salam
STARNO72
08179110080