Mengenal Dinamo Amper Toyota Starlet

Dinamo Amper atau Generator

Setiap mobil membutuhkan kelistrikan apapun model mobil itu pasti membutuhkan sumberdaya listrik. Listrik dibutuhkan untuk mensuplai lampu-lampu penerangan, lampu isyarat, panel-panel, audio, sistem air conditioning, electronic power steering, dan pada mobil jaman sekarang dimana sudah menggunakan unit ECU komputer sudah pasti listrik adalah hal yang paling utama. Bahkan tanpa listrik mobil tidak dapat dihidupkan.

Listrik yang digunakan di mobil berbeda dengan listrik rumah. Listrik mobil memiliki karakter arus searah atau DC ( Direct Current ) dengan tegangan antara 12-14Volt. kutub positif dan negatif tidak berubah rubah, dan tidak boleh memasang secara terbalik. sedangkan listrik rumah memiliki karakter arus bolak-balik atau AC ( Alternating Current ) tengangan antara 220-230volts artinya kutub positip dan negatip berganti-ganti boleh terbalik antara kutub positip dan kutub negatif

Kenapa mobil menggunakan tipe listrik DC? karena kalau mobil menggunakan listrik yang sama dengan yang digunakan dirumah nanti begitu orang memegang bodi mobil sudah kesetrum :)

Banyak orang yang salah persepsi soal sumber kelistrikan, beberapa orang menyebutkan sumber listrik adalah aki. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah benar juga. Akan tetapi fungsi aki sebetulnya adalah menyediakan sistem kelistrikan mobil untuk sementara, aki akan habis dalam beberapa jam bila digunakan terus menerus tanpa mesin dihidupkan. Lantas komponen apa yang menyebabkan aki bisa menghasilkan listrik?

Jawabannya adalah Dinamo atau Generator. Pada mobil lebih sering dikenal dengan dinamo amper karena tugasnya memberikan arus listrik. Dinamo amper ini akan bekerja bila mesin dihidupkan karena ada energi putas mekanis, maka energi putar itu dirubah menjadi energi listrik yang menyuplai semua kebutuhan kelistrikan mobil.

Apa yang terjadi bila Dinamo Amper Rusak?
Pada saat dinamo amper rusak berarti sudah tidak ada lagi yang membangkitkan arus listrik baik ke aki maupun ke peralatan listrik yang lain, kelistrikan praktis hanya disuplai oleh aki. Bila dibiarkan lama kelamaan mesin mobil akan mati karena muatan listrik didalam aki akan berkurang terus sesuai pemakaian. Kalau sudah seperti ini mobil tidak dapat lagi dinyalakan karena aki soak.

Apa yang harus dilakukan?
Pertama-tama harus dipastikan dulu apakah itu berasal dari masalah dinamo amper atau aki yang sudah tidak bagus lagi. Ciri khas dinamo amper yang sudah rusak biasanya di panel indikator akan menyala lambang aki, atau malah sama sekali tidak menyala. Kemudian ukur voltase listri mobil saat dihidupkan, bila kurang dari 12 Volts dipastikan dinamo amper rusak. Segera lakukan servis.

Bagaimana Bentuk Dinamo Amper itu?
Dinamo amper letaknya dekat sekali dengan waterpump agak kedalam, dinamo amper digerakan oleh belt yang terhubung ke poros utama mesin. Ciri khas dinamo amper ini ada beberapa kabel yang tersambung ke alat itu. Dibawah ini adalah contoh gambar dinamo amper starlet kapsul.

Dinamo Amper Toyota Starlet Kapsul
Bagian utama dinamo amper :
- Sepul Dinamo
- Anker Dinamo
- Carbon/Arang Dinamo
- IC regulator Dinamo
- Dioda atau Kiprok Dinamo

Dari kebanyakan masalah dinamo amper, komponen yang paling sering rusak adalah IC regulator, Dioda dan Carbon. Kerusakan komponen ini biasanya adalah karena umur pakai.

Saya mau jelaskan sedikit fungsi dari masing masing komponen  :

Sepul dan Anker Dinamo
Berisi gulungan kabel statis dan dinamis. gulungan statis sebagai penerima medan mangnet dan sepul dinamis atau bergerak sebagai pembangkit mangnet.

Carbon / Arang Dinamo
Fungsi carbon atau arang dinamo adalah berfungsi menghantarkan listrik ke anker dinamo. Kerena anker dinamo selalu berputar cepat maka dibutuhkan kontak gesek yang memadai dan awet, maka dipilihlah batang arang sebagai penghantar listrik anker. Oh ya kenapa harus dihantarkan listrik, karena anker akan dirubah menjadi magnet kalau dialirkan listrik sehingga gerak gaya magnet akan terjadi terhadap sepul statis sehingga akan bangkitkan energi listrik.

Dioda / Kiprok 
Dalam ilmu elektronik dioda dikenal sebagai komponen elektrik penyearah. artinya penyearah disini adalah dia akan menyearahkan listrik positif dan negatif menjadi terpisah tidak bolak-bolik. Kenapa dibutuhkan dioda? karena gerak gaya mangnet yang menghasilkan listrik pada dinamo amper masih bersifat bolak-balik (AC) jadi kutub positf dan negatif  selalu berganti ganti dengan cepat. Karena kelistrikan mobil membutuhkan arus listrik (DC) atau searah, maka dibutuhkan kumpulan dioda ini. Dioda ini biasanya jebol karena usia pakai atau bisa karena beban terlalu berlebihan, secara fisik dia akan terlihat hangus atau pecah, tapi kadang juga tidak terlihat secara fisik.

 IC Regulator
Sesuai dengan namanya IC Regulator adalah IC Pengatur. IC Pengatur ini bertugas mengatur seberapa besar daya listrik yang akan dihasilkan disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya saat menyalakan lampu utama atau lampu besar, IC regulator akan memerintahkan generator mensuplai arus lebih besar sehingga beban bukan pada aki tapi pada generator sehingga aki tidak rusak dan tidak soak. Sebaliknya bila pemakaian listrik mobil berkurang, maka IC Pengatur memerintahkan generator agar mengurangi suplai arus listriknya, begitu seterusnya. Bila IC ini rusak biasanya tegangan listrik jadi tidak stabil aki akan rusak.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai dinamo amper toyota starlet.

Salam,
STARNO72


Komentar