Ganti Bohlam Lampu GT Bulat

Tips Ganti Bohlam Lampu Low Beam

Bagi starleters yang sudah adopsi lampu bulat GT mungkin belum menyadari bahwa bohlam yang digunakan untuk lampu jenis ini jarang yang jual bahkan tidak ada yang jual di toko bohlam mobil manapun, karena bohlam ini tidak memiliki indentitas tipe lampu halogen.



Bohlam yang dimaksud adalah bohlam lampu low beam, bohlam low beam berada pada rumah lampu yang memiliki lensa/proyektor. seperti foto diatas posisi lampu low beam adalah dekat dengan lampu sein.


Pada foto diatas adalah penampakan bohlam low beam.
Bohlam lampu low beam yang asli ada disebelah kiri dan yang palsu eh maksudnya yang diakalin pake bohlam tipe halogen HB3. Kalau sudah menggunakan bohlam tipe HB3 berarti soket bohlam low beam yang aslinya sudah tidak dapat digunakan lagi disebabkan soket memiliki alur dalam yang berbeda, perhatikan gambar diatas. Soket HB3 memilik dua buah alur, sedangkan bohlam asli starlet GT hanya satu alur. Jadi ganti saja soketnya sekalian dengan tipe soket HB3.


Bohlam asli lampu bulat GT tidak dicamtumkan tipe lampu, jadi membingungkan. Setelah melalui beberapa penyelidikan, ternyata bohlam lampu yang digunakan sangat mendekati dengan tipe bohlam halogen HB3. Kalo ada yang jual tipe bohlam lampu ini beli saja...



Nah sekarang sudah ada bohlamnya dan soket HB3, tinggal kita pasang pada rumah lampu....tapi eitss tungggu dulu, tidak semudah itu bung......
Ternyata kuku bohlam tipe HB3 tidak sama dengan bohlam orisinalnya, terpaksa di modifikasi sedikit dengan cara memotong sedikit ujung kukunya agar memiliki ukuran mendekati aslinya. Potong sedikit saja kuku pada arah jam 4 dan arah jam 8 pada lampu. Dengan demikian bohlam tipe HB3 ini sudah bisa dengan mudah dimasukan kedalam rumah lampu GT.

Selamat mencoba.

Starno72

Komentar