Overhaul Mesin Starlet

Overhaul Mesin Toyota Starlet 2E 1.300cc
Istilah overhaul adalah istilah untuk merekondisi mesin yang bahasa awam nya turun mesin. Sebetulnya istilah turun mesin kurang tepat, karena bukan cuma diturunkan saja mesin nya, tapi juga dilakukan perbaikan untuk dikembalikan pada kondisi standard nya.

Mengapa harus overhaul?
Overhaul mesin dilakukan bila mesin mengalami pembakaran yang tidak sempurna yang disebabkan oleh keausan komponen komponen gerak mesin, diantaranya ring piston, piston, metal jalan dan metal duduk dan juga beberapa komponen bergerak lainnya. Keausan komponen bergerak mesin ini menyebabkan kebocoran oli didalam, yang ikut terbakar dalam ruang bakar, sehingga mengakibatkan pembakaran menjadi tidak sempurna, oli ikut terbakar dan banyak deposit karbon pada ruang bakar, dan secara pasti akan menumpuk dan akan semakin memperparah keausan mesin.

Perhatikan gambar dibawah ini:





Pada gambar diatas adalah kondisi dari ring piston, piston, setang piston dan metal jalan. Terlihat bagian yang hitam adalah penumpukan kerak yang sudah parah, selain itu terdapat baret baret dalam pada dinding piston, piston mengalami stress berat karena beban dan gesekan metal yang tidak normal, mesin cepat panas, kurang tenaga, boros bbm. Bagian utama ini yang akan diganti pada pengerjaan overhaul mesin.



Karburator adalah bagian dari pemasok bahan bakar juga ikut terkena dampaknya, pada bagian dalam karbu juga akan menumpuk kerak dari hasil pembakaran yang tidak sempurna, bagian ini juga iku di bongkar dan diperbaiki.


Ini adalah gambar blok mesin, dimana komponen utama mesin kruk as bertugas meneruskan tenaga ke bagian transmisi, pada bagian blok mesin ini terdapat bantalan metal yang sering disebut sebagai metal jalan dan metal duduk. Metal jalan adalah bantalan metal yang terletak ada bagian setang piston, dan metal duduk adalah bantalan metal yang terletak pada poros utama kruk as. Keausan metal jalan dan metal duduk ini menyebabkan suara mesin menjadi kasar dan pada kasus yang lebih ekstrim lagi bisa menyebabkan mesin jebol, karena komponen gerak lepas dan beradu didalam blok mesin ini.



Bagian dalam slinder yang berwarna sangat gelam menandakan kondisi penumpukan karbon yang sangat banyak, dan ini juga menunjukan bahwa pada slinder tersebut pembakarannya tidak normal, bisa karenan ring piston lemah, piston baret, atau sil klep bocor.


Pada pengerjaan overhaul mesin, kruk as mendapatkan perhatian yang lebih, karena bagian ini adalah bagian yang paling menerima beban kerja yang sangat berat, jadi hars dipastikan pemasangan metal, celah metal dan keakuratan ukuran metal.




Terlihat pada blok mesin ini sudah di pasang piston baru dengan ukuran OS 50.



Gambar diatas adalah piston OS100 adalah ukuran paling terakhir yang bisa digunakan.


Gambar ini adalah parts dari piston OS 50 Toyota Original.



Pengesetan metal jalan dan metal duduk.


Perakitan blok mesin bawah.



Lama pengerjaan overhaul mesin ini memakan waktu sekitar 10 hari kerja, dengan biaya Basic Standard 10jt. sudah termasuk spareparts, dan bonus tuning semi sports.

Rincian pekerjaan overhaul mesin :
- Ganti Ring Piston ( Orisinal STD dan OS50 )
- Ganti Piston ( Orisinal STD dan OS50 )
- Ganti Metal Jalan ( Orisinal STD dan OS50 )
- Ganti Metal Duduk ( Orisinal STD dan OS50 )
- Ganti Metal Bulan ( Orisinal )
- Bubut Korter Oversize
- Packing Gasket Full Set ( Orisinal )
- Skir Klep
- Filter Oli
- Filter Udara
- Filter Bensin
- Paltina-Kondensor-Busi
- Oli Mesin
- Oli Girboks
- Repair kit Karburator (jika harus diganti)
- Garansi Pekerjaan Overhaul Mesin dan Bonus Tuning Semi Sports.


Starno72
021-32929696

Komentar