Bahas Lengkap Membangun Toyota Starlet GT Turbo

Basic Toyota Starlet Turbolook '96 1.3SEG

Fakta bahwa toyota starlet masih tetap laku keras dipasaran meskipun umurnya sudah menginjak diatas 10 tahun dan termasuk mobil lawas yang paling laku dan paling banyak dicari.

Kelebihan toyota starlet selain karena brand toyota, karena eksterior toyota starlet yang memang tidak habis dimakan usia, irit bbm, kecil dan lincah, modis, parts onderdil sangat berlimpah dan sangat murah, menjadikan mobil ini tetap eksis meski usia sudah termasuk kategori mobil tua.

Belum lagi part limbah dari jepang yang biasa sering disebut nosecut, halfcut yang sangat mudah bila dipasang buat starlet lokal. Rupanya inipula yang menjadikan mas iwan pemilik starlet turbolook ini ingin dipermak habis-habis menjadi starlet GT yang sejati.

Beginilah tampang toyota starlet turbolook dalam kondisi aslinya, dengan mesin 'kampung' mobil starlet ini masih tetap enak dipakai.


Project Bangun Starlet GT Sejati

Akhirnya didatangkanlah parts halfcut seperti foto dibawah fresh dari jepang lewat singapur. Halfcut seperti ini banyak memiliki keuntungan, diantarya adalah kondisi mesin yang masih sangat bagus, wiring lengkap, girboks, lampu-lampu, dashboard, aircond system dan lain2, jadi kalau mau bangun starlet paling enak dan untuk ya dari halfcut gak perlu repot.



Meski terlihat acak-acakan, kumal dan kotor, tapi dijamin kondisi jeroan mesin dan parts lain masih dalam kondisi sangat baik dan prima loh.



Biarpun kondisi buntung seperti ini, mesin dan kelistrikan juga ac dapat dihidupkan secara normal loh... mantabs.

Tangkin bensin milik starlet GT juga di kasih fuel pump nya. ( kalau stok ada )




Dan tidak lupa rem cakram belakang asli milik starlet gt sudah jadi perangkatn wajib.



Mesin dari halfcut dibongkar dan diturunkan untuk dilakukan overhaul.



Jeroan halfcut masih terlihat sangat bening, menandakan kondisi mesin memang bagus.


Inilah perangkat set rumah keong (turbo charge) yang bikin starlet GT bisa berlari seperti setan


Kondisi kepala piston dan ruang bakar yang sudah kotor karena bekas pemakaian, dan inilah perlunya overhaul guna mengembalikan performa mesih turbo gt kekondisi asalnya.


Blok mesin dan piston dibersihkan dari semua kerak dan kotoran yang menempel dan juga semua seal mesin diganti untuk menjamin tidak ada kebocoran.


Kepala piston yang sudah dibersihkan kembali terlihat bening dan kinclong.



Kopling set bawaan halfcut ternyata sudah aus dan tidak layak pakai lagi, jadi harus ganti kopling set starlet GT yang baru. Kopling set beda dengan milik starlet lokal loh.



Jeroan bagian bawah juga ikut dibongkar dan dibersihkan, komponen terlihat masih segar dan prima.


Girboks juga ikut dibersihkan dari jamur2 yang bikin kumel, perhatikan girboks GT memang beda dengan starlet lokal, ciri yang paling terlihat adalah tutup belakang girboks yang terbuat dari alumunium, sementara starlet lokal dari kaleng, rasio gigi juga sangat berbeda jauh.


Paking head set original starlet GT dan Starlet lokal, serupa tapi tidak sama.


Head dibersikan dan dilakukan skir klep ulang, hasilnya kembali bersinar.


Semua parts dari halfcut dipakai, hanya tinggal rangka saja yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya.....hehe...


Kembali lagi ke proses overhaul mesin, semua klep di skir ulang, di setting dan dibersihkan termasuk dengan pelatuk hidrolik juga dibersihkan agar suara mesin lebih halus.


Kondisi setelah bagian blok bawah mesin dibersihkan, hmm yummyyy...seger banget seperti wanita cantik yang baru saja mandi.


Perakitan kembali head mesin, sekarang mesin jadi lebih terlihat ujudnya, mesin toyota 4EFTE.


Mesin kampung mulai diturunkan, dan dipensiunkan setelah bertahun2 mengabdi bekerja tanpa letih sedikitpun, kini saatnya masa pensiun tanpa pesangon.


Beginilah situasi bengkel starno yang lebih mirip rumah pemotongan hewan ketimbang bengkel mobil, karena dari bedeng yang sangat sederhana dan panas dengan alat seadanya.


Mesin kampung yang sudah resmi di pensiunkan oleh sang pemiliknya, konon mesin ini akan dipretelin dan akan dijual semuanya kecuali blok mesin yang masih menempel nomer mesinnya.



Penutup klep di krom begitu juga dengan throtle body, dan cover header turbo.


Mumpung mesin lagi diturunkan, kabin mesin di cat ulang sewarna bodi biar kelihatan bersih bak putri kraton.


Interior pun juga ikut kena bongkar dan dipretelin habis-habisan, dashboard starlet lokal juga ikut dipensiunkan dan diganti dengan starlet GT.


Inilah proses overhaul dan krom sudah selesai, benar-benar seperti putri keraton, harum bersih dan bersinar.


Proses pemasangan wiring set starlet GT, masih acak-acakan.


Mesin 4EFTE sudah naik ke tempatnya dan siap untuk bekerja menggantikan mesin kampung.


Rem cakram belakang juga sudah dipasang, piringan dibubut ulang dan ganti kampasnya untuk jamin performa rem.


Mesin 4EFTE sudah dirakit kembali dengan lengkap dan sudah bisa dihidupkan bersama raga yang baru.


Mesin 4EFTE membutuhkan sistem exhaust atau pipanisasi knalpot yang lebih besar dari mesin 2E, jadi pipa knalpot dari ujung paling depan hingga ujung paling belakang diganti dengan pipa besar berukuran 2 inch.


Knalpot yang lama sama sekali sudah tidak bisa digunakan lagi, karena mesin turbo perlu diameter pipa yang jauh lebih besar. Hasilnya fleksibel, resonator dan muffler HKS yang baru dipasangkan, suara lebih gahar bas lebih dalam tapi tidak bikin bising interior.


Karena semua parts kaki2 sudah diganti, termasuk velg dan ban baru, maka diperlukan spooring ulang untuk menjamin kestabilan pengendalian dan roda-roda.



Spooring dengan alat 3D lebih presisi dan akurat.


Akhirnya nosecut lampu depan dipasang dengan yang model twin gt, lebih garang dan sporty.


Beginilah hasilnya dan siap untuk beraksi dijalan.


Lampu belakang model one piece, milik starlet turbo juga disematkan pada bokong nya. Tampilan jadi berubah total.


Kini interior starlet gt turbo asli sudah bersarang, panel semuanya asli milik starlet gt, dan juga tidak lupa dipasangkan alat turbo timer produk dari pivot, untuk mengamankan rumah keong turbonya.


Dan inilah penampakan akhir dari toyota starelt turbolook yang sudah operasi habis-habisan jadi starlet gt turbo sejati.


Lubang pada kap mesin itu yang bikin starlet ini jadi sangat sporty.


Juga tidak lupa untuk mengganti kompresor rotari starlet turbo yang baru, biar lebih dingin dan nyaman, senyaman tarika mesin starlet turbo ini.


Ekspansi juga diganti dengan part original ND.


Dan...semua hasil dari modifikasi harus di test oleh starno. Mesin kembali dituning ulang. Hasilnya tol BSD - Bintaro mampu menggerakan jarum speedometer hingga lebih dari 200km/h.@5500rpm ( dengan alat GPS ) dan akselerasi 0-100km/h (posisi gear 2) dituntaskan dalam waktu 7,5detik.


Wajah Tegang dan Dengkul masih merinding saat pengambilan foto, karena test top speed yang bikin jantung mau copot.


Salam Starno72
08179110080