Pasang CDI Starlet

Pengapian Lebih Konstan, Akurat dan Tahan Lama

Salah satu penunjang performa mesin starlet adalah sistem pengapian ( ignition system ), pengapian memegang tugas penting untuk menjaga agar mesin tetap hidup dan bekerja secara efisien membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar.

Karena memegang tugas yang sangat penting, sistem pengapian harus dibuat lebih tahan lama dan kuat untuk bisa menyuplai pengapian ke dalam ruang bakar. Kegagalan sistem pengapian dapat mengakibatkan mesin mendadak mati dan mogok tidak dapat di start kembali.

Buat toyota starlet keluaran tahun 1994 keatas, sudah menggunakan CDI jadi tidak ada lagi penggantian platina secara berkala dan tentu saja bebas perawatan, dan pengapian yang dihasilkan juga cenderung lebih konstan, inilah keunggulan CDI.

Kekurangan Platina
Sistem pengapian yang masih menggunakan platina tentu saja memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalalah :

- Kerugian mekanis, platina selalu bergesekan dengan poros delco, sehingga dapat mengurangi keakuratan pembakaran diruang bakar, akibatnya mesin jadi kurang tenaga.
- Kerugian kontak poin, cara kerja platina yang secara terus menerus bekerja menutup dan membuka secara cepat dan beban arus listrik yang disalurkan akan memudahkan kondisi platina aus dan ompong, bila ini terjadi maka mesin sulit dihidupkan dan kalaupun bisa dihidupkan biasanya mesin akan sering terbatuk-batuk atau menembak diknalpot mirip suara ledakan petasan.
- Kerugian kemampuan putaran tinggi, karena platina bekerja secara mekanis maka pada putaran mesin tinggi platina cenderung memberikan pengapian yang "ngawur" atau pengapian tidak tepat, akibatnya akselerasi mesin buruk dan top speed sulit didapat.

Dengan kondisi seperti diatas, starlet yang masih memiliki sistem pengapian platina masih harus direpotkan dengan mengganti platina secara berkala antara 3-6 bulan sekali, penggantian platina bukan sekedar mengganti saja, tapi juga berarti harus tuning mesin ulang untuk mendapatkan kembali performa mesin yang ideal.

Ganti ke CDI
Cara yang paling mudah untuk memperbaiki kelemahan platina adalah dengan mengganti unit delco platina ke unit delco CDI, pemasangan tanpa perlu modifikasi karena unit CDI starlet ini klop dengan mesin starlet yang masih menggunakan platina.





Untuk mengganti ke sistem CDI, bisa dilakukan dengan cara mencari CDI copotan bekas starlet atau membeli CDI baru.

Saat ini untuk mencari CDI copotan bekas starlet tergolong sulit, begitu juga yang baru. Dan hati-hati bila membeli CDI bekas copotan starlet, karena beberapa penjual sudah merekondisi modul CDI dengan harga yang lebih murah, akibat yang sering terjadi CDI cepat jebol karena parts didalam delco CDI di rekondisi asal pasang dan asal comot dari CDI mobil lain.

CDI Rakitan alternatif pengganti CDI bawaan starlet
Buat yang masih pusing dan susah mencari CDI bekas copotan starlet, masih bisa menggunakan CDI rakitan, dengan harga yang lebih murah dan cara kerja sama persis dengan CDI. Dipasaran tersedia CDI rakitan buatan china dan buatan kanada.



CDI Rakitan buatan kanada modul lebih kuat dan tahan lama, api lebih besar bila menggunakan koil luar besar kemampuan tinggi seperti Mallory 29450, MSD atau Thunder.


Keuntungan Menggunakan CDI Rakitan :
- Harga barang dan instalasi lebih murah.
- Kemampuan pengapian sudah setara CDI asli.
- Tidak lagi membutuhkan platina, karena sudah diganti dengan sistem magnet CDI.
- Dapat menggunakan koil luar berkemampuan tinggi. ( CDI starlet asli sulit dimodifikasi koil luar)
- Bisa dan mudah dikembalikan kepada kondisi aslinya bila sewaktu-waktu diperlukan.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para starleters indonesia.

Salam Starno72
021-32929696