Ganti Housing Thermostat

Korosi Karat Bisa Sebabkan Mesin Overheat

Ada sebuah contoh kasus dimana toyota starlet kotak keluaran tahun 1986 sering mengalami overheat karena air radiator sering kosong/kering.

Padahal pemiliknya sudah melakukan servis radiator, ganti water pump, dan semua selang radiator sudah diganti, kipas radiatro juga berfungsi dengan baik, akan tetapi air selalu berkurang, padahal tidak ada tanda kebocoran dari radiator.

Usia diatas 15 tahun, adalah wajar ketika komponen mesin seperti saluran air pendingin mengalami korosi. Kualitas air, beban kerja temperatur dan tekanan tinggi akan memperparah komponen saluran pendingin itu sendiri, seperti yang dialami oleh toyota starlet kotak 1986 yang ditunjukan pada foto dibawah ini.


Air Radiator akan merembes keluar hanya pada saat mesin dihidupkan, saat mesin mati air tidak merembes dan tidak ada kejanggalan.



Housing termostat ini berfungsi sebagai rumah thermostat dan saluran bypass radiator yang dipasang pada blok mesin bagian kiri. Thermostat akan mengatur besarnya arus air pendingin yang akan disalurkan melalui radiator.

Oleh karena umur, beban kerja yang berat dan kualitas air yang kurang bagus, membuat komponet ini termakan karat, hingga menimbulkan retakan halus yang akibatkan air radiator akan berkurang secara akumulatif saat mesin bekerja.

Ganti komponen ini akan membuat sistem kembali normal dan air tidak akan berkurang lagi, kisaran harga housing thermostat ini 500-650rb.

Salam Starno72
021-32929696

Komentar