Uji Emisi Gas Buang

Toyota Starlet 1.3SEG Turbolook 1.300cc

Tilang Karena Tidak Lulus Uji Emisi Untuk DKI Jakarta
Peraturan pemerintah DKI Jakarta yang mengharuskan setiap kendaraan bermotor harus melakukan uji emisi sudah tidak bisa dianggap remeh lagi, kepolisian akan memberlakukan tindakan tegas berupa tilang untuk mobil yang tidak memenuhi atau tidak dapat menunjukan surat lulus uji emisi pada pertengahan tahun 2010, selain tindakan tegas tersebut, juga mewajibkan surat lulus uji emisi setiap kendaraan bermotor yang hendak memperpanjang STNK untuk wilayah DKI Jakarta.

Perlukah Uji Emisi?

Jawabannya adalah sangat perlu, sebab uji emisi bukan hanya sebatas mematuhi peraturan pemerintah tentang polusi udara. Uji emisi justru sangat berguna bagi pemilik kendaraan itu sendiri, karena mobil yang lulus uji emisi biasanya memiliki kondisi mesin yang prima, karena pembakaran mesin lebih efisien dan hasilnya mesin hemat bahan bakar, tenaga mesin besar, dan mesin awet tahan lama.

Khusus untuk toyota starlet yang bisa mempengaruhi hasil uji emisi adalah kondisi :
- Ketepatan Pengapian /Derajat Pengapian
- Kondisi Busi dan Kabel Busi
- Kebersihan Karburator
- Saringan Udara
- Kondisi Mesin Ring Piston, Seal Klep dan Celah Klep
- Mutu dan Kualitas Bahan Bakar
Bila salah satu diatas ada yang bermasalah maka hasil uji emisi bisa melebihi ambang batas yang ditetapkan, oleh karena itu tuning mesin secara berkala juga membuat mesin lebih awet dan irit bahan bakar.


Alat sensor uji emisi dimasukan pada lubang ujung knalpot.


Komputer akan menganalisa, ada 6 parameter yang terbaca tapi hanya 2 parameter yang wajib memenuhi ambang batas yaitu CO (karbon monoksida) dan HC (Hidrokarbon). Untuk mobil injeksi HC harus dibawah 200ppm dan CO dibawah1.5%.


Kalau sudah lulus uji emisi makan akan mendapatkan, print-out uji emisi, buku sertifikat lulus uji emisi, dan stiker lulus uji emisi yang harus dipasang pada kaca depan sebelah kanan.

Mari kita ciptakan udara bersih dan ramah lingkungan dengan mengikuti uji emisi 2010.

Salam Starno,
021-32929696

Komentar