Starlet 2E Asli Lokal Tambah Turbo

Tanpa Rubah Spesifikasi Mesin Asli

Kalau ingin meningkatkan tenaga mesin gampang saja tinggal swap engine atau ganti mesin bisa pake tipe mesin 4EFTE atau 2ETE dijamin bakal bisa akselerasi dan berlari jauh lebih cepat dari mesin standard 2E.

Mau meningkatkan tenaga tapi gak mau ganti mesin? ya pasang aja turbo di mesin 2E standard, toh turbo kit bisa dicomot dari mesin 4EFTE. Pemasangan Turbo pada mesin 2E standard ini bersifat plug n play, dibilang begitu karena tidak membutuhkan perubahan sedikitpun pada spesifikasi mesin. Kompresi mesin sebesar 1:9,5 memang termasuk tinggi untuk dipasang turbo, akan tetapi karena untuk di pake harian boost turbo di set maksimal 0,6 bar saja, dan hasilnya lumayan bisa meningkatkan tenaga mesin hingga mencapai 50% begitupun akselerasi meningkat tajam.




Pemasangan turbo kit pada mesin starlet standard bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya adalah komponen gampang didapat dari mesin 4EFTE. Akan tetapi karena spesifikasi dan konstruksi mesin standard berbeda dengan mesin turbo 4EFTE, maka header knalpot turbo tidak bisa dipasang begitu saja, karena terbentur dengan kompresor AC dan Radiaotor. solusinya header standard mesin starlet 2E dikawinkan dengan unit turbo 4EFTE seperti terlihat pada gambar diatas, kondisi setelah dimodifikasi.



Setelah di modifikasi barulah unit turbo dapat dipasang dengan kuat pada mesin standard 2E. Setelah dipasang, kemudian dilakukan modifikasi untuk membuat sistem sirkulasi air dan sirkulasi oli ke unit turbo.



Sebetulnya dengan tekanan maksimal 0,6bar bisa saja tanpa dipasang turbo intercooler, akan tetapi dengan pemasangan turbo intercooler tenaga yang dihasilkan akan lebih baik lagi dan mencegah mesin overheat saat turbo bekerja.



Kalau sudah pasang turbo rasanya kurang afdol kalau tidak ditambah aksesoris turbo boost meter dan turbo timer keluaran pivot.

Setelah semua unit selesai dipasang, saatnya uji coba. Penyetelan mesin tetap harus dilakukan begitupun juga penyetelan dan perubahan spuyer karburator, karena pasokan bensin turbo lebih banyak ketimbang mesin standard.

Saat dicoba tarikan turbo sudah berasa saat jarum menyentuh angka 4000RPM, tenaga mesin melonjak drastis seperti mau terbang saja.

Bagaimana berminat?

Starn072
021-32929696

Komentar