Top Overhaul Toyota Starlet

Bedah Kasus
Kali ini starno akan coba sedikit memaparkan kasus mesin yang dialami oleh toyota starlet '95 1300, dimana sudah terdapa indikasi mesin pincang dan kebocoran kompresi.



Kebocoran klep
Klep mesin adalah komponen vital bagi sebuah mesin. bila kerjanya tidak maksimal maka tenaga yang dihasilkan nya juga tidak maksimal. Fungsi dan tugas klep ini adalah sebagai komponen yang menyalurkan bahan bakar campuran bensin dan udara dengan kompososi tertentu, dan juga sebagai lubang buang hasil pembakaran lewat sebuah sistem pembuangan knalpot mobil.

Bila terdapat kebocoran pada sil klep bisa akibatkan oli yang bertugas melumasi batang klep juga ikut terhisap kedalam ruang bakar hingga dapat mengotori ruang bakar, biasanya indikasi awalnya adalah timbulnya asap putih tipis saat mesin di gas mendadak. Kebocoran juga bisa terjadi pada dudukan bibir klep. Biasanya disebabkan karenan klep atau kondisi bibir klep yang sudah terlalu aus karena sering skir klep atau skir klep dengan bor listrik, yang dapat menyebabkan bibir klep tergores terlalu dalam.


Kondisi fisik klep yang bocor bisa ditandai oleh warna bibir klep. bibir klep yang berwarna hitam sudah menandakan klep ini mengalami kebocoran karena tidak mampu menutup dengan rapat. sedangkan kondisi bibir klep yang berwarna putih mengkilat adalah kondisi yang ideal karena klep dapat menutup dengan baik.


Akibat terjadinya kebocoran klep baik sil klep maupun bibir klep dapat mengakibatkan kebocoran kompresi dan menimbulkan kerak hitam pada kepala piston. Dalam jangka pendek kondisi ini akan membuat mesin kehilangan tenaga dan boros bbm.


Bantalan Noken As Tergores.

Batang noken as adalah komponen penting mesin karena bertugas mengatur buka tutup klep pada waktu dan urutan yang telah ditentukan. masalah pada batang noken as juga akan mempengaruhi tenaga mesin secara langsung, selain itu juga noken as yang bermasalah akan menimbulkan suara yang agak berisik saat mesin hidup. Bantalan noken as dapat tergores karena kotoran oli tidak mampu tersaring dengan baik oleh filter oli, atau bisa juga disebabkan oleh kualitas oli yang kurang bagus yang tidak mampu melumasi bagian atas mesin secara maksimal. Penggunaan oli palsu juga bisa memperparah kondisi keausan mesin.



Noken as yang tergores juga mengakibatkan bantalan noken as ikut tergores. Kondisi ini secara teknis tidak bisa diperbaiki karena rekondisi noken as dan bantalan noken as tidak dapat dilakukan sama sekali, satu-satunya adalah dengan mengganti satu set kepala slinder copotan toyota starlet dengan kondisi yang masih bagus. Kondisi noken as dan bantalan noken as ini mengakibatkan sil noken as tidak bekerja maksimal, noken as goyang dan timbulkan kebocoran oli yang serius pada mesin toyota starlet ini.


Dari bedah kasus diatas, secara umum bisa ditarik kesimpulan bahwa penggunaan filter oli sembarangan dan oli palsu atau oli yang berkualitas kurang bagus bisa merusak mesin secara permanen. Pentingnya menjaga kondisi mesin salah satunya adalah dengan menggunakan oli yang berkualitas baik walau agak sedikit 'mahal'.

Semoga informasi ini bisa dijadikan bahan referensi perawatan mesin bagi pemilik toyota starlet.

Salam Starno72
021-32929696

Komentar