Turun Setengah Mesin

Overhaul Cylinder Head Starlet 2E/1E
Mengapa harus turun setengah mesin? Jawabannya sangat sederhana sekali turun setengah mesin diperlukan untuk membersihkan ruang bakar.

Sebuah mesin sehat bila telah menempuh jarak 100.000 km akan mengalami penumpukan kerak ruang bakar sebagai akibat sisa pembakaran akumulatif. Kerak ini terbentuk karena sisa hasil pembakaran tidak 100% terbakar dan keluar ke saluran pembuangan knalpot, ada zat yang tidak terbakar dan zat inilah yang akan tinggal dan menempel pada kepala slinder, klep, batang klep, dan kepala piston. Semakin buruk oli dan semakin buruk bahan bakar bensin yang digunakan maka akan semakin mempercepat penumpukan kerak karbon didalam ruang bakar.

Dan ada satu hal lagi yang mempercepat pembentukan kerak yaitu uap oli yang ikut terbakar saat mesin bekerja, untuk masalah ini bisa diatasi dengan Oil Catch Tank ( OCT ) fungsi alat ini akan memisahkan udara dengan uap oli sehingga hanya udara yang akan masuk kedalam ruang bakar dan uap oli akan tinggal di tabung OCT.



Khusus untuk toyota starlet ada alat bikinan bengkel starno yang dinamakan Mini OCT, pemasangan dan perawatan sangat mudah.



Kerak yang menumpuk pada kepala slinder dan kepala klep akan menyebabkan klep tidak dapat menutup dengan rapat, sehingga terjadi kebocoran kompresi. Selain itu juga terjadi keausan seal klep yang berfungsi menahan oli agar tidak ikut terbakar.


Penumpukan kerak karbon pada kepala piston akan menyebabkan kompresi menjadi naik, hasilnya mesin akan mudah gelitik karena terjadi pembakaran dini yang disebabkan oleh tumpukan kerak pijar saat mesin bekerja keras, kerak pijar ini yang menyulut pembakaran terlalu awal, hasilnya mesin gelitik, tenaga kurang dan bensin boros.

Turun setengah mesin akan merekondisikan ruang bakar kembali bersih, dudukan klep kembali rapat, dan penggantian seal klep membuat mesin kembali prima, kompresi bagus, tenaga besar, dan iri bensin.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan oli berkualitas tinggi dan bensin bermutu tinggi untuk menjaga agar ruang bakar selalu bersih.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat para starleters di indonesia

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar