Overhaul Cylinder Head

Mesin ngebul belum tentu harus turun mesin
Karakteristik mesin starlet adalah mesin berkarakter sangat bandel, ini disebabkan karena material mesin starlet yang masih menggunakan blok baja yang sangat kuat tidak mudah melengkung kena panas sekalipun pernah mengalami overheat.

Suhu kerja mesin starlet cenderung agak 'panas' mengakibatkan seal-seal karet mesin menjadi cepat getas, retak dan pecah-pecah tidak terkecuali untuk seal klep. Bila keausan terjadi pada seal klep maka mesin akan mengeluarkan asap putih sesaat pedal gas ditekan, dan bau asap knalpot tapi tidak terlalu tebal.

Asap Putih vs Asap Biru Tebal
Hidupkan mesin hingga suhu kerja mesin tercapai biasanya jarum temperatur menunjukan persis ditengah skala. Tekan pedal gas hingga 4000rpm perhatikan asap knalpot bila yang keluar berwarna putih berarti seal klep sudah bocor dan aus, tapi sebaliknya bila yang keluar adalah asap berwarna biru tebal semakin tebal dan berbau sangat tajam, berarti sudah terjadi keausan piston dan ring piston, kondisi inilah yang sesungguhnya yang memerlukan turun mesin.

Perhatikan foto diatas, kondisi kepala piston hitam akibat menumpuk kerak hitam keras. Kerak timbul karena oli ikut masuk dan terbakar diruang bakar. Kondisi ini menyebabkan mesin mengalami kenaikan kompresi, mesin akan mudah gelitik dan kehilangan tenaga dan boros bbm. Solusi Overhaul atau Full Turun mesin bisa mengembalikan tenaga mesin seperti semula.

Salam Starno72,

021-32929696

Komentar