Tips - Mencari Sumber Kebocoran

Memperbaiki Sistem Pendingin Mesin
Sistem pendingin mesin adalah komponen vital mesin. Kegagalan sistem pendingin mesin mengakibatkan mesin overheat yang secara langsung dapat merusak mesin secara permanen. Oleh karena itu perawatan berkala dapat menunda atau memperpanjang usia pakai sistem pendingin mesin.

Sistem pendingin mesin terdiri dari komponen radiator, kipas radiator, thermostat, selang, pipa, dan waterpump. Kelemahan dari salah satu komponen diatas akan menyebabkan kegagalan sistem pendingin yang membuat mesin menjadi terlalu panas (overheat garis merah). Bila starleters mengalami overheat jangan keburu panik, segera pinggirkan mobil ke tempat aman dan matikan mesin. Biarkan temperatur mesin menjadi dingin sendiri dan jangan sekali-kali membuka tutup radiator saat mesin panas.


Pipa dan selang waterpump
Karena umur yang sudah lumayan banyak, terkadang saluran air pendingin radiator mengalami korosi di beberapa tempat. Biasanya kalau sudah begitu disarankan untuk servis radiator. Tapi servis radiator belum tentu bisa mengatasi masalah overheat, dikarenakan terjadi korosi pada bagian pipa waterpump yang terbuat dari besi dan letaknya persis dibawah karburator.


Foto diatas kondisi waterpump yang sudah korosif dan seal sudah bocor, turbin waterpump sudah kemakan karat sehingga sirkulasi kurang maksimal.

Pipa ini adalah tulang punggung sistem pendingin mesin, karena melalu pipa ini air dari radiator disirkulasikan dengan tekanan yang cukup tinggi terutama saat mesin dalam kondisi hidup. Tekanan yang tinggi ini akan membuat jalur pipa waterpump yang korosi ini bocor, sehingga mengakibatkan air radiator berkurang, inilah yang akan menyebabkan overheat.

Solusi, lepaskan dan bongkar saluran pipa waterpump ini, dan ganti semua saluran, termasuk selang buntu dan selang manipol masuk, juga sekalian ganti waterpump untuk menjamin kelancaran sistem pendingin. Jangan lupa menggunakan air bersih atau cairan anti karat untuk melindungi saluran pendingin dari korosi yang merusak.

Salam,
Starno72
021-32929696

Komentar