Overhaul Starlet Kotak Turbo 1.3L

Rekondisi Mesin Starlet Kotak Turbo Injeksi
Beberapa waktu yang lalu bengkel starno di sambangi oleh starlet kotak yang berpenampilan turbo. Tapi setelah di lihat lebih jauh lagi ternyata bukan tampilannya saja, melainkan mesin dan dashboard juga sudah diganti oleh piranti turbo tulen. Mobil ini hasil bangun starlet kotak turbo basis tahun 1987.

Mesin yang memilik kode Toyota 2E-TE ini memiliki spesifikasi mesin injeksi turbo dengan 12 valve, dan menghasilkan tenaga maksimum sebesar 100hp, cukup membuat mobil kecil ini melesat cepat dan 'terbang' dengan kecepatan yang lumayan tinggi.


Tampilan belakang mobil starlet kotak ini memang beda jauh dengan starlet kotak lokal. lihat saja bentuk bempernya, spoiler dan lampu. Aksesoris ini sangat langka dan sulit ditemukan kecuali tiruannya.


Tampilan depan juga sangat berbeda, lihat gril depan dengan fog lamp, dan bentuk bemper dengan lubang ventilasi besar yang terlihat sporty.


Berlanjut ke interior, dashboard sudah cangkokan milik turbo, terlihat jelas ada indikator turbo, dan desain instrumen dan setir yang memang beda dengan starlet biasa.


Tutup kepala slinder berlaber turbo intercooler menjadi pengenal akan performa tinggi mesin ini.


Walau mesin ini sudah cukup tua, namun teknologi turbo injeksi pada jaman itu sudah tergolong canggih. Walau sistem yang digunakan masih menggunakan model injeksi turbo konvensional, namun penerapan teknologi turbo ini sudah sangat baik, terlihat dari bentuk throttle body yang biasa terlihat pada mesin-mesin baru sekarang.


Salah satu penyakit mesin injeksi yang lazim ditemui adalah masalah pada nosel injektor. Nosel ini didapati dalam kondisi mampat pada slinder nomer satu, membuat putaran mesin terasa pincang. Kalau sudah begini harus dilakukan servis dan kalibrasi ulang injektor dengan alat khusus.


Bentuk kepala slinder ini sangat mirip dengan mesin 2E lokal, dan betul bagian ini memang berbasis sama dengan 2E biasa, masih 12valve, hanya berbeda pada tutup kepala slinder.


Throttle Sensor. Alat ini pasti ada pada setiap mobil bermesin injeksi. Alat ini bertugas memberikan informasi kepada ECU terhadap posisi bukaan skep/throttle. Kerusakan alat ini dapat mengakibatkan ECU akan salah menghitung jumlah bahan bakar yang akan masuk kedalam ruang bakar.



Dan benar saja, saat dilakukan kalibrasi injektor telah didapatkan bahwa Throttle Position sensor sudah rusak, hancur lebur bada bagian batang pengerak poros karena umur sudah terlalu lama.



Inilah hasil kreasi starno72, throttle position sensor yang rusak bisa di akali dan diperbaiki dengan bermodalkan sebuah insulot dan sebuah paku alumunium, alhasil alat ini kembali berfungsi dengan baik dengan kekuatan yang lumayan bagus walau tidak sebagus aslinya. Konon alat ini memang tidak mudah ditemui dipasaran dan harga alat ini berkisar 1,5jt.


Walaupun mesin starkot turbo ini berbasis sama dengan mesin 2E lokal, akan tetapi bentuk piston, batang piston didesain dengan bentuk dan kekuatan yang lebih bagus dibanding starlet 2E biasa karburator. Bentuk kepala piston cekung sudah bisa ditebak ini adalah ciri khas mesin turbol. Bentuk cekung dibuat agar didapatkan kompresi yang lebih rendah dibanding mesin standard. Kompresi memang dibuat lebih rendah karena mesin akan mendapatkan tekanan/turbo boost sebesar 0,4 bar dari rumah keong yang pada akhirnya akan membuat kompresi akan lebih tinggi saat turbo bekerja. Inilah sebabnya mengapa desain mesin turbo dibuat dengan konstruksi low compression.


Saat dilakukan overhaul didapati kondisi kepala slinder melengkung disebabkan overheat. Dan dua buah mur juga dalam kondisi patah karena korosi.


Perhatikan foto diatas, lingkaran sebelah kiri atas terlihat sobek, dan inilah yang meng-akibatkan kompresi bocor, air dan oli ikut masuk keruang bakar. Korosi yang berlebihan sebagai akibat dari kondisi ini.


Tangki bensin diturunkan dan dikuras dari serbuk karat dan lumpur. Saat dibersihkan kondisi tangki dalam kondisi yang sangat kotor, bensin sudah berwarna coklat kehitaman bercampur karat membuat saluran bahan bakar sangat terganggu.


Kondisi dalam dasar tangki setelah dilakukan pengurasan, terlihat lumayan bersih dan siap di isikan bahan bakar bensin kembali.


Fuel pump juga tidak luput dari pembersihan. Mulut saluran fuel pump ini didapati dalam kodisi tersumbat karat sangat parah, sangat menggagu aliran bahan bakar ke injektor yang sebabkan mesin pincang dan kurang tenaga pada saat saat tertentu.


Upssssss ada apa dengan starno?
Ternyata kebiasaan "ABEGE" para kru starno jaman dulu masih dibawa juga, starno mendapatkan "hadiah" ultah berupa Tepung, Telor Mentah, dan Fanta menjadi penghias baju dan rambut starno yang tampak putih. Anyway thanks kepada seluruh pasien starlet dan seluruh kru starno atas perhatian dan ucapan selamat ultah, semoga starno bisa memberikan sesuatu yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Salam Starno72.
021-32929696

Komentar