Ganti Magnet Kompresor AC

Magnet Bermasalah Bikin AC Tidak Dingin
Beberapa permasalahan seputar AC mobil yang menyebabkan tidak berfungsi maksimal udara yang dihembuskan kedalam kabin diantaranya adalah kebocoran pipa AC, tersumbatnya evaporator, matinya kipas kondensor ac, dan lemah nya kompresor AC. Salah satu komponen vital A/C adalah magnet kompresor AC yang sering jarang dilupakan oleh orang bengkel servis A/C.

Magnet Kompresor AC
Komponen ini berfungsi memberikan medan magnet di sekitar puli kompresor, sehingga bagian center piece yang terhubung dengan poros kompresor A/C ditarik dan menempel keras pada bagian puli kompresor a/c dan bersamaan dengan itu poros kompresor ac juga ikut berputar dan ac sudah mulai bekerja. Dan sistem kerja ini diatur oleh sebuah alat yang dinamakan amplifier A/C. kapan kompresor boleh bekerja dan kapan kompresor boleh berhenti bekerja.


Foto diatas adalah kondisi magnet yang sudah lemah dan bermasalah sehingga dua komponen selip dan beradu menyebabkan kerusakan bagian puli dan center piece.


Penggantian manget kompresor a/c biasanya harus satu set dengan puli dan center piece kompresor a/c. Maka memang sebaiknya diganti satu set agar lebih maksimal kerjanya. Harga satu set magnet kompresor a/c lengkap dengan puli dan center piece untuk starlet sekitar Rp.475.rb non original.

Dan perlu diketahui juga bahwa penggantian magnet kompresor a/c tidak perlu mencopot kompresor a/c jadi tidak perlu buang freon, karena bagian magnet a/c ini dapat dilepas secara terpisah hanya dengan mencopot fan belt a/c.



Setelah semua dipasang dan dipastikan sudah tidak ada masalah, maka kompresor a/c bekerja maksimal dan dapat menghembuskan udara antara 5-10 derajat celcius, cukup dingin untuk ruangan kecil starlet ditengah terik matahari yang sangat panas.

Mudah-mudahan informasi yang disampaikan bisa bermanfaat.

Salam,
Starno72
021-32929696

Komentar