Tips - Servis Pelampung Bensin Starkap

Starlet Kapsul Turbolook 1.3SEG '97
Bila pemilik starlet kapsul pernah mengalami jarum meter bensin tiba-tiba turun drastis atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali padahal baru isi bensin full, inilah tandanya pelampung bensin bermasalah. Pelampung bensin memiliki umur yang sangat panjang dengan kata lain tidak akan pernah rusak, tapi karena bekerja secara mekanis maka beberapa kasus akan terjadi kerenggangan. Dikarenakan harga pelampung bensin starlet kapsul orisinal bisa mencapai diatas 1 juta rupiah, lebih baik memperbaiki sendiri dan letak pelampung bensin berada dibawah jok belakang, jadi sangat mudah untuk membongkarnya.

Beberapa waktu lalu pernah disajikan bagaimana memperbaiki pelampung bensin starlet kotak. Nah kali ini akan disajikan tips memperbaiki pelampung bensin starlet kapsul.
Perbedaan utama pelampung bensin starkot dengan starkap adalah starlet kapsul memiliki sensor lampu peringatan bensin habis, sedangkan starkot tidak memilikinya. Selain itu konstruksi pelampung dan saluran sudah diperbaiki dengan penambahan filter hisap pada saluran masuk.

Cara Membongkar
Bukalah jok belakang starlet kapsul, dan kemudian bukalah penutup/cover yang terbuat dari plat kaleng, congkel saja dengan obeng, plat ini hanya di-lem. Setelah penutup/cover terbuka kemudaian cabut soket dan selang saluran bensin. Bukalah ke-delapan baut pengikat pelampung bensin. Angkatlah perlahan-lahan pelampung bensin dari tangki.


Beginilah ujud dari pelampung bensin starlet kapsul yang sudah dilengkapi dengan sensor lampu peringatan bensin habis.



Bukalah penutup cover sensor pelampung bensin, dan sperti yang terlihat pada foto diatas terdapat kumparan sensor, dan disinilah masalahnya. Lengan geser sensor tidak kontak dengan baik dengan kumparan sensor. Perlu di bengkok-kan sedikit ke arah kumparan agar lengan geser sensor selalu menempel baik. Gunakan tang runcing untuk membengkok-an, lakukan dengan hati hati agar tidak merusak bagian mekanis lainnya. Setelah lengan geser di bengkokan sedikit, pasang kembali dengan cara kebalikan dari membuka.

Nah sekarang meter bensin tidak akan salah membaca permukaan bensin didalam tangki, selamat mencoba.

Starno72,
021-32929696

Komentar