Bongkar Kepala Slinder Starkap

Overhaul Cylinder Head - Turun Setengah Mesin
Ritual turun setengah mesin untuk mobil yang sudah berumur diatas 5 tahun sudah lazim dilakukan atau dengan kata lain bila mesin sudah menempuh jarak 100.000km untuk menjaga performa mesin tetap prima perlu dilakukan overhaul cylinder head atau turun setengah mesin.

Apa saja yang dikerjakan turun setengah mesin?
Bagi beberapa starleters mendengar kata turun setengah mesin masih terasa begitu menyeramkan dan terasa makan biaya besar. Akan tetapi bila sudah mengerti tujuan dari turun setengah mesin mungkin starleters akan mengetahui betapa banyak sekali manfaatnya. Adapun pengerjaan turun mesin adalah sebagai berikut :
- Bongkar kepala slinder dan klep
- Membersihkan kepala piston dari kerak
- Membersihkan klep dan batang klep
- Men-seting ulang dudukan klep atau skir klep agar kompresi bagus
- Mengganti seluruh seal mesin diataranya seal klep
- Mengganti seluruh paking mesin intake manipol dan exhaust manipol
- Seting ulang mesin


Pasien turun setengah mesin kali ini adalah starkap 90 yang sudah di modifikasi nosecut milik starlet GT turbolook dan modifikasi ventilasi kap mesin sehingga tampilan lebih garang.


Kabin mesin juga dicat, hingga kepala tutup mesin terlihat hot dan merah menyala.


Paket turun mesin sudah termasuk parts top set original dari toyota.



Kondisi slinder dan kepala piston sesaat setelah dilepas kepala slindernya. dan terlihat kondisi kepala piston nomer 2,3,4 sudah mengalami penumpukan kerak yang cukup parah akibat kebocoran seal klep.



Kondisi kepala slinder dan klep. Perhatikan klep sudah sangat hitam dan berkerak.


Perhatikan dari foto dari dekat, kondisi klep yang sudah ditumpuki kerak pembakaran, menumpuk tebal dan sangat keras mirip arang dan keras seperti batu karang.


Kondisi slinder dan kepala piston setelah dibersihkan darin tumpukan kerak mesin, kembali mengkilat.


Mesin lebih terlihat bersih.


Tidak lupa setelah proses overhaul selesai piranti tambahan berupa Bubble Water Injection dan Mini OCT menjadi alat penambah performa mesin, dan tentunya sudah dilakukan tuning semi sports.

Prosesi turun mesin memakan waktu kurang lebih 3 hari hingga seluruh proses selesai termasuk dengan tuning semi sports sebagai pelengkapnya.

Hasil yang didapatkan setelah turun setengah mesin adalah, kembalinya performa mesin seperti sediakala dikarenakan kompresi kembali bagus, tidak adalagi kebocoran mesin, dan ruang bakar bersih membuat sistem pembakaran lebih efisien membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dari sebelumnya.

Starno72,
021-32929696

Komentar