Tips - Radiator Water Coolant

Kadang Air Saja Belum Cukup
Pernahkah starleters mengalami overheat? peristiwa overheat adalah kegagalan sistem pendingin mesin. Penyebab overheat bisa dari radiator mampet, water pump korosi, adanya kebocoran saluran pendingin atau bisa juga dari motor kipas radiator yang tidak berfungsi.

Menggunakan Air Bersih
Banyak pemilik kendaraan menggunakan air bersih yang didapat dari air minum mineral ataupun juga air accu biru, dan memang lebih baik dibanding menggunakan air sumur atau air PAM yang ternyata juga tidak bersih banyak mengandung lumut, lumpur ataupun zat besi.


Recommend. Prestone Coolant & Antifreeze

Akan tetapi air yang bersih tersebut hanya memilik satu fungsi yakni fungsi mendinginkan mesin, tidak ada fungsi mencegah korosi dan merawat sistem sirkulasi pendingin mesin. Temperatur mesin yang tinggi dan pertemuan antar logam membuat saluran pendingin mesin mengalami korosi ataupun penyumbatan, dan air tidak mampu mengikat endapan korosi tersebut. Korosi akan membuat saluran kisi-kisi radiator menjadi mampet, dan kerja water pump menjadi berat karena terhalang oleh korosi tersebut dan untuk pemakaian jangka panjang perawatan atau perbaikan akan menjadi lebih mahal.

Gunakan Radiator Coolant
Radiator coolant adalah cairan khusus yang dibuat untuk sistem pendingin mesin mobil yang menggunakan radiator. Cairan khusus ini berfungsi menaikan titik didih dari 100 derajat celcius menjadi 120 derajat celcius sehingga gejala overheat mesin bisa dihindari. Selain itu juga cairan ini berfungsi merawat metal dengan menetralisir korosi sekaligus mengikatnya. Cairan ini juga memberikan efek melumasi bagian water pump sehingga kinerja dan umur pakai water pump bisa lebih lama.

Saran Pemakaian :
- Gunakan Radiator Flush sebelum menggunakan radiator coolant.
- Tuangkan Radiator Coolant tanpa menambah sedikitpun air.
- Ganti dan Kuras Radiator setahun sekali dan cek kebocoran.

Starno72,
021-32929696

Komentar