Tips - Memperbaiki Jarum Temperatur Mesin

Perbaiki Jarum Temperatur Puas tanpa was-was
Temperatur mesin adalah hal yang harus selalu di pantau setiap saat, untuk memastikan kondisi mesin dalam batas suhu kerja yang normal.
Bagaimana bila jarum penunjuk malas beranjak, alias tidak mau bergerak sedikitpun sekalipun mesin sudah menyala dan berjalan? tentu saja was-was apalagi jika melintasi daerah padat dengan kemacetan luar biasa.

Menelusuri masalah kelistrikan temperatur mesin memang kadang membuat frustasi, pasalnya sudah ganti parts sensor/dioda resistor temperatur pada blok mesin toh tetap saja jarum temperatur tidak mau bergerak, atau kalau bergerak pun akan mentok ke atas, sangat mengerikan bukan.



Ada 2 komponen utama yang digunakan sebagai meter temperatur mesin, komponen pertama adalah Sensor Dioda resistor yang bertugas mengirimkan data variabel, dan yang kedua adalah Gauge Meter. Kedua alat inilah yang memberikan laporan temperatur mesin.

Kerusakan yang terjadi biasa pada sensor dioda atau gauge meter. Akan tetapi kerusakan dioda lebih sering terjadi dibanding dengan gauge meter.

Pada kasus tertentu kedua alat ini bekerja normal dan tidak menunjukan gejala kerusakan sama sekali. Akan tetapi perlu di urut satu persatu asal kerusakan.



Untuk memastikan bahwa seluruh komponen bekerja normal perlu di test satu persatu, mulai pengetesan sensor dioda dan gauge meter. Pastikan komponen ini tidak bermasalah.

Kemudian alat dipasang kembali seperti semula, dan ternyata ada kabel pin conector yang tidak terhubung dengan baik pada posisi kaki nomor 2 gauge meter. Dengan memperbaiki koneksi kabel ini, maka gauge meter kembali bekerja dengan normal.

Semoga tips ini bisa bermanfaat.

Starno72
021-32929696

Komentar