Tips - Kuras Tangki Perbaiki Pelampung

Toyota Starlet Kotak 86 1.0 XL
Umur mobil yang sudah menginjak usia diatas 20 tahun pastinya akan mengalami masa-masa 'sulit' salah satunya tangki bensin yang sudah kotor bercampur karat dan air. Bukan itu saja, jarum pengukur bensin sudah malas bergerak sehingga menyulitkan menebak berapa banyak isi bensin dalam tangki.

Jarum Bensin Malas Bergerak Walau Bensin Full Tank
Pembacaan indikator bensin jadi ngawur, terkadang dalam kondisi tertentu jarum akan naik kadang turun, bahkan tidak bergerak sama sekali.


Setelah dilakukan pengetesan ternyata masalahnya adalah pelampung bensin yang berfungsi sebagai sensor permukaan bensin dalam tangki. Sensor ini akan mengirimkan arus listrik sesuai dengan tinggi rendah permukaan ke indikator meter bensin.


Tangki bensin diturunkan untuk dikuras isinya.



Inilah yang dinamakan alat 'pelampung bensin' tugasnya mengirimkan arus listrik sesuai tinggi rendahnya permukaan bensin dalam tangki.



Setelah 'pelampung bensin' ini dibongkar ternyata tidak dalam 100% rusak. Masalah hanya ada pada lidah kuningan yang kurang menempel pada kumparan/spul kawat meter. Hanya dengan membengkokan sedikit lidah kuningan agar selalu bersentuhan dengan spul dengan sebuah tang runcing, maka lidah kuningan geser akan kembali pada posisinya.



Sebelum dipasang terlebih dahulu dilakukan pengetesan, saat lengan pelampung bensin berada posisi paling bawah, indikator jarum meter bensin harus menunjukan pada garis terendah "E"



Dan sebaliknya pada saat lengan pelampung bensin berada pada posisi tertinggi, jarum meter bensin harus berada pada posisi garus full "F". Bila sudah benar pelampung dan tangki bensi siap dipasang kembali.

Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi para starleters.

Starno72,
021-32929696

Komentar