OCT - Oil Catch Tank

Mini OCT Untuk Toyota Starlet 2E/1E
Apa fungsi OCT? Fungsi utama OCT adalah menangkap uap oli yang terhisap oleh saluran manipol masuk kedalam ruang bakar, sehingga udara yang dihisap oleh mesin didalam ruang bakar benar-benar bersih tidak tercampur oleh uap minyak oli mesin, sehingga dapat menekan polusi gas buang sekaligus menyempurnakan pembakaran di ruang bakar mesin.

Menangkap Uap Oli
Kenapa Uap Oli Harus Ditangkap ? Pada saat mesin mencapai suhu kerja sekitar 80-90 derajat celcius, ruang oli mesin mendapatkan tekanan dan panas yang tinggi, sehingga oli mesin menguap dan dihisap oleh saluran masuk melalui sebuah saluran PCV. Pada kondisi tertentu keadaan ini tidak ada masalah, namun dalam kurun waktu yang akan datang kondisi ini akan membuat saluran masuk bahan bakar menjadi cepat kotor, dan polusi gas buang yang dihasilkan pun relatif agak tinggi kadar CO2 karena ada zat uap oli yang ikut terbakar.

Fakta Oli Berkurang Karena Penguapan
Fakta yang belum banyak orang tahu adalah, ".....oli mesin mobil akan berkurang seperempat hingga setengah liter sebelum penggantian oli mesin berikutnya..." dan hal ini terjadi pada hampir setiap mobil baik mobil baru atau mobil lama. Penguapan memang harus terjadi karena memang ada proses pembakaran didalam mesin, penguapan akan mudah terjadi bila menggunakan oli yang lebih encer atau menggunakan oli dari jenis sintetik, jadi jangan heran bila oli mobil akan berkurang dalam kurun waktu tertentu.

Mini OCT Meningkatkan Performa Mesin
Kesempurnaan pembakaran didalam mesin akan didapatkan bila udara yang masuk kedalam ruang bakar bersih dan murni. Mini OCT akan memisahkan uap oli dengan udara sehingga hanya udara saja yang masuk kedalam saluran manipol ruang bakar dan uap oli akan tertinggal di alat mini OCT, yang pada akhirnya juga akan menyempurnakan dan memaksimalkan pembakaran sekaligus meningkatkan tenaga secara langsung.


Perhatikan foto diatas, pada pemakaian beberapa hari uap oli yang berwarna agak coklat kehitaman berhasil ditangkap oleh mini OCT.

Pemasangan Mini OCT Toyota Starlet
Mini OCT terbuat dari bahan tahan panas dan tekanan maka tidak heran bila mini OCT terbuat dari kaca tebal bening yang sangat tahan panas dan tekanan yang juga dilengkapi dengan lubang penguras/pembuang uap oli sangat mudah cukup tekan dengan jari saja.


Alat ini bisa didapatkan di bengkel starno dengan harga yang cukup bersahabat.


Pemasangan mini OCT tanpa sedikitpun merusak atau memotong komponen asli mesin toyota starlet, hingga mudah di kembalikan ke posisi semula.


Mini OCT akan langsung bekerja saat mesin dihidupkan dan akan terlihat endapan uap oli dalam beberapa hari pemakaian kedepan. Kualitas oli juga akan terlihat dari kaca bening ini.



Memiliki lubang pembuangan/pengurasan uap oli dengan cara yang sangat mudah, berbentuk seperti klep ban dalam mobil, sehingga dengan ditekan oleh jari atau obeng, oli akan terbuang keluar, lakukan ini bila oli didalam mini OCT sudah terlalu penuh.


Starno72,
021-32929696

Komentar