Starlet Engine Overhaul - Part II

Toyota Starlet 1.3SE Limited 1992
Melanjutkan dari artikel sebelumnya, ulasan ini akan coba menjelaskan perakitan mesin kembali setelah dilakukan korter/OS 100.

Seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya, OS100 (oversize 100) adalah memperbesar lubang diameter slinder dan piston sebanyak 1 milimiter dari ukuran standard. Misalnya ukuran diameter piston mesin starlet2e ini adalah 72mm, setelah dilakukan oversize akan berukuran 73mm. Artinya bahwa oversize 100 ini juga akan secara langsung menambah kapasitas mesin lebih dari 1.300cc, Toyota Original Parts hanya men-support mesin 1E/2E dengan ukuran STD dan OS50.


Kondisi slinder setelah dilakukan korter OS100. Seluruh Water Plug/Dop Air juga diganti baru untuk memastikan tidak adanya korosi lanjutan yang sebabkan mesin bisa mengalami overheat.


Komponen masih tetap menggunakan parts toyota, begitupun juga piston dan ring piston asli produk jepang, agar kualitas tetap terjaga. Pengukuran besar diameter piston tetap dilakukan untuk memastikan hasil lebih maksimal, dan piston ini setelah di lakukan pengukuran sangat baik karena ukuran ke empat buah piston benar-benar presisi dan sama persis.


Bagian depan blok mesin yang juga jadi bagian rumah pompa oli ikut juga mengalami korter, ini dilakukan agar kinerja pompa oli kembali maksimal. Terlihat bagian yang di korter berwarna putih mengkilat.


Piston, Ring, dan Metal Set sudah dirakit kembali. Juga water plug sudah terpasang diganti baru, terlihat dari warna parts yang bersih putih mengkilat.



Perakitan kembali Kepala Slinder ( Cylinder Head ), menggunakan kunci torsi memastikan seluruh baut dan mur terpasang dengan sempurna. Penggantian kopling set untuk memastikan kinerja penerus daya juga wajib dilakukan.


Kondisi mesin setelah dirakit dan diperiksa ulang untuk memastikan bagian-bagian penting terpasang dengan baik dan benar.


Starno72,
021-32929696

Komentar