Starno Bubble Water Injection

Menanti Ketidak Pastian...

Konsep Dasar Water Injection Khusus Toyota Starlet

Seperti yang sudah pernah dibahas oleh banyak artikel dan website diantaranya adalah wikipedia, Saft7, modcom dll, konsep water injection adalah memasukan air kedalam ruang bakar dengan takaran yang disesuaikan oleh mesin. Water Injection digunakan untuk menghilangkan gejala detonasi/gelitik pada mesin, karena water injection mampu menurunkan temperatur ruang bakar, menciptakan efek pendingin ruang bakar mesin, sehingga titik derajat pengapian bisa dibuat lebih maju yang pada akhirnya meningkatkan tenaga.

The Theory Behind Water Injection :
- Increased efficiency of the combustion process and reduced fuel consumption;
- Improvements in mass flow, volumetric efficiency, combustion efficiency, flame stability, ignitibility and exhaust gases temperature reduction;
- Reduced formation of NOx in exhaust gases;
- Reduction in peak combustion temperature;
- Minimized thermal stresses on the engine components;
- Prevention of carbon buildup on the cylinder walls, aircoolers, turbochargers, etc;
- Reduced smoke emission

Selain itu karena sifat air dapat mendinginkan logam, dapat mengurangi tingkat keausan akibat gesekan piston dengan dinding slinder, mirip dengan sebuah mata bor yang sedang melubangi pelat besi bila tidak diberikan air sebagai pendingin maka mata bor akan patah karena gesekan dan temperatur sangat tinggi. Tidak heran aplikasi water injection ini juga diaplikasikan pada mesin mobil supercar yang mesin-nya bekerja sangat ekstrim yang di-lengkapi turbo bertekanan tinggi sehingga menghasilkan panas ruang bakar mesin yang sangat tinggi, melindungi mesin dari gejala overheat, karena putaran, gesekan, dan tekanan mesin yang juga sangat tinggi.

Water Injection Bukan Bahan Bakar Air
Banyak orang yang salah mengerti tentang water injection. Water injection berbeda sama sekali dengan HHO/H2O generator, walaupun sistem-nya hampir sama yaitu membutuhkan air, namun pada H2O generator air akan mengalami elektrolisasi untuk menghasilkan gelembung hidrogen yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Sedangkan water injection tidak memerlukan proses elektrolisasi, sehingga air yang dimasukan adalah air murni yang biasa didapatkan dari hasil kondensasi Air Conditioning.

Konsep Baru Bubble Water Injection
Water injection sendiri adalah konsep lama yang sudah ditemukan semenjak perang dunia ke-2. Teknologi water injection sudah diaplikasikan pada mesin-mesin perang di kala itu. Sedangkan konsep "Bubble Water Injection" adalah konsep baru water injection bengkel starno khusus toyota starlet bebas perawatan tidak perlu menambahkan air, yang sudah dikembangkan dan di uji coba dengan hasil yang cukup memuaskan. Konsep water injection untuk toyota starlet ini sudah mengalami 3 kali penyempurnaan, dari mulai tanpa tabung, dengan tabung dan dengan jarum pengatur bypass.

Meningkatkan Torsi Putaran Bawah dan Membersihkan Ruang Bakar
Keuntungan menggunakan bubble water injection ini adalah walaupun sedang menggunakan A/C, tenaga mesin berasa lebih besar karena torsi mesin meningkat pada putaran bawah, sehingga dapat menghemat bahan bakar hingga 20% karena tidak terlalu sering menekan pedal gas lebih dalam. Selain itu dari hasil uji coba, alat ini juga menyempurnakan dan membersihkan ruang bakar, terbukti dengan beberapa kali pemeriksaaan busi berada dalam kondisi yang prima dengan warna merah bata menandakan hasil pembakaran sempurna.

Produk ke-100 ini akankah menjadi "Barang Museum" Bengkel Starno72...?


Seperti yang diperlihatkan foto diatas, konsep bubble water injection menggunakan bahan yang sederhana, tidak membutuhkan listrik tambahan, tidak memerlukan air tambahan, tidak sedikitpun merubah selang yang ada pada mesin. Alat sederhana ini bekerja secara mekanis dengan cara memanfaatkan tenaga vakum mesin yang debit airnya diatur oleh spuyer, tabung air, dan jarum pengatur air. Semua bahan sederhana mudah didapatkan kecuali tabung yang memang cukup sulit dan cukup mahal.

Water Injection versi terakhir sudah dilengkapi dengan pipa jarum pengatur debit air (optional), tugas alat ini adalah mencegah dan membatasi air masuk lebih banyak karena supply tiba-tiba luber dari penampungan saluran Inlet, walau demikian jumlah air yang akan masuk ke ruang bakar masih dalam batas yang sangat aman, gejala mesin mbrebet beberapa saat bisa dihilangkan oleh jarum pengatur ini.

Produksi yang ke-100
Starno Bubble Water Injection sudah mencapai produksi yang ke-100, karena banyaknya permintaan, baik untuk kota jakarta maupun luar pulau jawa, hasilnya cukup menggembirakan walaupun tetap masih ada beberapa yang mengalami masalah dengan alat ini.

Produk Terakhir?
Tidak ada sesuatu yang sempurna, begitupun alat bubble water injection ini. Salah satu kendala yang dirasakan adalah kesulitan bahan baku berupa tabung air yang harus dibeli dari luar. Hingga sekarang belum ada kabar baik soal ketersediaan bahan baku ini. Dengan sangat sedih starno tidak bisa melanjutkan pembuatan bubble water injection ini yang saat ini hanya tinggal 9 unit saja. Starno sudah mencoba alternatif bahan baku lain, tapi hingga kini belum mendapatkan hasil yang memuaskan.

Beberapa Masalah Seputar Bubble Water Injection
Tanya : Saat baru pemasangan alat ini mesin terkadang mati mendadak.
Jawab: Walaupun ini jarang terjadi tapi wajar karena saluran selang perlu penyesuaian, dan setelah beberapa hari pemakaian gejala itu biasanya hilang sendiri, solusi dengan cara merubah arah saluran bypass, mengatur dalam posisi vertikal agar kelebihan air dapat terbuang keluar dan tidak ter-hisap oleh mesin.

Tanya : Stasioner mesin terkadang brebet sesaat kemudian normal kembali.
Jawab : Biasanya ini disebabkan oleh setelan stasioner mesin terlalu rendah hingga saat wa-i bekerja mesin cenderung mati. Penyebab lain selang terlipat/tertekuk atau berada dalam posisi yang tidak vertikal terhadap selang pembuangan A/C.

Tanya : Tabung tidak bisa terisi air.
Jawab : Ada saluran selang yang mampet baik inlet maupun outlet, atau A/C tidak bekerja/off/rusak.

Tanya : Bagaimana kalau A/C dalam kondisi off atau rusak
Jawab : bubble water injection secara instan akan bekerja saat tombol A/C dinyalakan, dan secara instan juga akan 'shut down' beberapa saat ketika tombol A/C dimatikan, tidak ada efek apapun buat mesin seperti saat tidak menggunakan bubble water injection.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar