Sterlet Engine Overhaul - Part I

Toyota Starlet 1.3SE Limited 1992
Melengkapi ulasan mengenai turun mesin toyota starlet, kali ini akan diberikan gambaran kondisi mesin dari proses awalnya. Sebagai pasien kali ini adalah toyota starlet kapsul keluaran tahun 1992 bermesin 2E/1300cc.

Keluhan awal dari mesin toyota starlet ini adalah suara mesin yang tidak normal. Saat mesin hidup stasioner pun, suara tok..tok..tok.. sudah mulai terdengar, seiring dengan meningkatnya putaran mesin suara itu semakin keras dan semakin nyaring terdengar. Indikasi lain adalah konsumsi oli yang sering cepat berkurang disamping tenaga mesin yang juga sudah loyo, karena kondisi pembakaran tidak sempurna.


Situasi mesin sebelum diturunkan.


Situasi mesin setelah diturunkan


Kondisi seluruh piston baret-baret pada satu bagian sisi-nya menandakan piston tidak bekerja maksimal dan tidak presisi, dan ini akibatkan kebocoran kompresi. Salain itu piston ini sudah berukuran oversize 50 yang artinya pernah mengalami turun mesin juga sebelumnya. Sebagai catatan oversize maksimal berukuran 100.


Kruk As didapati dalam keadaan baret cukup dalam, sebagai akibat dari melemahnya sistem pelumasan mesin mobil ini.


Dinding Slinder kondisi lumayan parah. Perhatikan seluruh slinder terdapat baret panjang lurus, baret lingkaran dan jelas ini sangat menganggu proses pembakaran.



Metal duduk juga didapati dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, bukan hanya baret dalem, bahkan salah satu metal duduknya berada dalam kondisi luka sobek.


Water plug atau penutup blok mesin juga didapati terserang karat hingga menimbulkan kebocoran. Oleh pemilik lama sempat diakali dengan lem besi.


Baret lumayan dalam juga dialami oleh dinding rumah pompa oli mesin. Hal ini akan mengakibatkan kinerja pompa oli menjadi lemah, oli tidak maksimal melumasi bagian mesin dengan baik. Kegagalan pelumasan akan sering terjadi bila kondisi ini dibiarkan dan lambat laun akan merembet ke bagian lainnya.

Sekali lagi tentang Oversize vs Overboss
Oversize adalah memperbesar diameter piston dari kondisi sebelumnya, Oversize pada mesin toyota starlet hanya diperlakukan dua kali yaitu oversize 50 dan oversize 100.

Overboss adalah kondisi mengembalikan ukuran diamter piston kepada kondisi lebih kecil dengan ukuran standard, dengan cara mengganti liner slinder.

Apakah bisa langsung overboss tanpa menunggu oversize 50/100? tentu bisa. akan tetapi perlu di ingat biaya dan bahan overboss sangat mahal, dan lebih mahal dibanding biaya oversize. Kenapa? oversize membutuhkan bahan liner baru ukuran standard dengan biaya liner dan pengerjaan satu buah sekitar 950rb. tinggal mengalikan dengan 4 slinder sehingga biaya overboss adalah sekitar Rp.3,9jt. belum termasuk pembelian parts dan ongkos jasa turun mesin.



Bagaimana dengan kekuatan Overboss dibanding Oversize? untuk kekuatan hampir sama, karena bahan overboss adalah bahan khusus untul liner mesin. Tapi bagaimanapun tentu saja oversize lebih baik dibanding overboss, karena kondisi blok mesin baja masih orisinal, kekuatan tentu lebih baik daripada bahan liner pengganti nya.

Apakah ada alternatif lain selain oversize dan overboss?
Tentu ada...
Cara yang paling ringkas, murah tapi kurang disukai dalam hal biaya adalah dengan cara mengganti mesin secara total. Biaya ganti mesin total berada diantara biaya oversize dan overboss. Starleters bisa menjadikan blok mesin lama sebagai pajangan dirumah :)

Ganti Piston Honda Genio
Gak mau ambil pusing dengan overboss atau ganti mesin, pake aja piston honda genio di jamin kapasitas mesin starlet dan tenaga bertambah drastis, dengan konsumsi bbm yang meningkat drastis juga tentunya :(

Pake mesin Starlet Turbo
Cara yang paling ekstrim adalah mengganti mesin dengan spesifikasi lebih tinggi dari aslinya, yaitu men-cangkokan mesin 4E-FTE Turbo Intercooler versi JDM (mesin starlet dipasaran jepang), sebagai pengganti mesin standard nya. Tapi ingat anda tetap harus menyimpan blok lama untuk pengurusan surat stnk mobil. Biaya swap engine seperti ini berada jauh diatas biaya overboss, siapkan saja anggaran dana sekitar 15 juta-an.

Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahun para starleters.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar