Toyota Starlet GT

Koleksi Toyota Starlet GT
Tidak seru kalau membicarakan toyota starlet tidak juga membicarakan toyota starlet GT Turbo. Varian Starlet GT Turbo ini adalah varian starlet JDM yang tidak masuk ke-indonesia kemungkinan dikarenakan harga jual dan pajak mahal dan kurang bersaing kala itu.

Produksi keluaran starlet paling akhir di indonesia adalah tahun 1998. Mengambil basis rangka dari starlet GT turbo, sehingga tampilan starlet produk terakhir TAM begitu sporty dan persis dengan tampilan versi GT keluaran terakhir di jepang. Perbedaan yang tampak jelas adalah tidak terdapatnya lubang hawa turbo di kap mesin, dan belum menggunakan disc brake pada roda belakang. Karena bentuk desain yang sudah sangat sporty untuk starlet keluaran 97-98 maka dijuluki "Fantastic Starlet". Dengan basis rangka bodi yang sama, kode EP81 untuk starlet kapsul Turbolook 4 pintu dan EP82 untuk starlet kapsul GT Turbo 2 pintu.


Perbedaan lain yang tidak tampak dari luar adalah jenis mesin yang digunakan, untuk "Fantastic Starlet GT Turbolook" hanya dipersenjatai mesin konvensional dari jenis Toyota 2E karburator tanpa turbo yang hanya menghasilkan tenaga sekitar 72hp. Sedangkan versi Starlet GT Turbo JDM sudah di bekali mesin turbo jenis 4E-FTE DOHC 16valve turbo intercooler menghasilkan tenaga 136hp dengan kapasitas mesin tetap sama 1300cc.

Beda Karakter

Karakter mesin toyota 2E unggul di putaran bawah hingga menengah, membuat starlet2E mudah dan gesit pemakain dalam kota. Torsi yang besar yang dimiliki starlet2E ini menjadikan kemampuan menanjak sangat meng-asyikan, tanjakan se-curam apapun sangat mudah di-libas oleh mesin 12 valve dengan pasokan karburator ini.
Sedangkan karakter mesin toyota 4E-FTE injeksi turbo intercooler sangat unggul diputaran atas, ini disebabkan modul turbo-nya baru maksimal bekerja pada putaran 4500rpm, dengan bekal turbo ini akselerasi mobil ini benar-benar luar biasa, duduk dibelakang kemudi bagaikan duduk di sebuah 'ketapel" saat berakselerasi penuh punggung terasa menekan dan menempel keras sandaran jok.




Ciri khas Starlet GT memiliki lampu twin head lamp, menyiratkan tampilan garang dan sporty.



Mesin turbo yang di-lengkapi intercooler dapat di-set hingga 0.5-1 bar, cukup untuk membuat mesin menerbangkan bodi ringan starlet hingga diatas kecepatan 200km/h.


Kesan mobil sport begitu kental saat membuka kap mesin dengan hadirnya turbo intercooler yang menyembul persis pada bagian atas mesin.



Kap mesin asli JDM dengan tulisan kanji pabrikan jepang sebagai pembuatnya, salah satu ciri mobil built-up.


Unit speedometer yang sederhana di-lengkapi indikator turbo boost membuat kesan sporty.

Unit Starlet GT Turbo seperti foto di-atas adalah hasil 'membangun' dari starlet lokal, dengan komponen asli JDM berupa potongan depan atau 'halfcut'. Buat starleters yang berminat untuk meng-koleksi toyota starlet GT ini silahkan hubungi starno.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar