Paket Ganti Seal Mesin

Mengatasi seluruh kebocoran oli mesin
Kebocoran oli penyekat atau seal mesin adalah salah satu penyebab mengapa oli mesin cepat sekali berkurang dalam jangka waktu yang tidak lama. Gejala kebocoran sebenarnya sangat mudah di deteksi, bila starleters menemukan tetesan oli di garasi rumah, besar kemungkinan mesin sudah mengalami kebocoran.

Kebocoran Depan Mesin
Kebocoran depan mesin biasanya ditandai dengan basahnya bak oli dan sekitar puli pemutar fan belt. Kebocoran ini terkadang tidak dapat diatasi hanya dengan mengganti seal kruk as depan dan noken as, kebocoran O-ring dan seal pompa oli akan menyebabkan gejala yang sama dengan kebocoran seal kruk as depan, ada beberapa starleters mengeluhkan habis ganti timing belt dan seal kruk as depan, masih bocor juga, padahal ada kemungkinan seal dan o-ring pompa oli dalam kondisi yang sudah bocor, itulah sebabnya mengapa kebocoran oli masih juga sering terjadi.


Terlihat pada foto diatas, lokasi O-ring dan seal pompa oli adalah bersebelahan dengan seal kruk as, sehingga bila parts ini bocor akan mengalami gejala yang sama persis.


O-ring strainer yang sudah lemah dapat mengakibatkan tekanan oli berkurang karena terdapat kebocoran akibatnya oli sering terlambat bersirkulasi. Sealer yang terdapat pada bibir bak oli juga terkadang mengalami kebocoran disebabkan karena mur yang kendur.


Lihat pada foto diatas, lokasi seal pompa oli berada dibalik gerigi timing belt. Seal pompa oli adalah parts yang paling sering bocor, hal ini disebabkan karena seal ini mengalami tekanan dan temperatur yang sangat tinggi akibat bekerjanya pompa oli dan tekanan tinggi secara terus menerus.

Kebocoran Belakang Mesin
Kebocoran belakang mesin atau kebocoran seal kruk as bagian belakang, biasanya ditandai dengan basahnya bagian bawah gearbox. Usia pakai dan kondisi mesin mempengaruhi umur pakai seal kruk as bagian belakang ini. Kondisi plat kopling slip bisa jadi penyebab seal ini bocor, hal ini disebabkan pada plat kopling slip akan menghasilkan panas yang tinggi yang secara langsung akan merembet dan menghantarkan panas kebagian seal kruk as bagian belakang ini. Bila seal ini dibiarkan bocor, akibat yang mungkin terjadi adalah kopling selip, dan oli akan lebih cepat berkurang karena seal ini berukuran besar, jadi kebocoran seal akan menyebabkan kebocoran lebih besar lagi. Selain itu oli yang menetes pada bagian ini terkadang akan membasahi pipa knalpot, sehingga sering tercium bau oli terbakar.



Seal merupakan komponen penting dari sebuah mesin, parts original akan menjamin hasil maksimal, parts ini meliputi :

- Seal kruk as depan
- Seal kruk as belakang
- Seal noken as
- Seal pompa oli
- O-ring Strainer dan Pompa Oli
- High Temperature Silicon Sealer

Pengerjaan penggantian seluruh seal tersebut diatas bisa memakan waktu satu hari, dikarenakan pembongkaran mesin mulai dari melepas timing belt, bak oli hingga menurunkan gearbox dan as roda depan untuk mengganti seal kruk as bagian belakang.



Salam,
Starno72
021-32929696

Komentar