Ganti Rackend Atasi Kemudi Liar

Solusi aman rekondisi kaki depan
Untuk starlet non power steering, faktor usia pakai dan kondisi medan sangat menentukan keawetan komponen rackend seperti dibawah ini. Penggunaan ukuran velg dan ban yang melampaui jauh dari ukuran standard dapat mempercepat usia pakai komponen penting ini.



Setir Oleng dan Oblak

Gejala setir oleng dan besuara jedak-jeduk saat lewat jalan keriting adalah tanda komponen rackend ini mengalami keausan. Cara memeriksanya cukup mudah, saat mobil dalam keadaan diam cobalah putar kemudi kiri dan kanan, apabila setir terasa besar 'speleng'-nya terhadap roda depan, dipastikan komponen rackend sudah aus. Gejala ini bila dibiarkan akan semakin bertambah parah, dan kestabilan kemudi juga akan semakin berkurang, terutama saat melalui jalan bebas hambatan, mobil terasa liar dan sulit dikendalikan.

Komponen ini termasuk parts yang sulit dicari dalam kondisi baru, kalaupun ada harganya luar biasa mahalnya, solusi yang murah meriah adalah meng-kanibal rackend starlet lain ditempat junkyard.


Rackend copotan starlet berada disebelah kanan dalam foto diatas, kondisi copotan rackend starlet lain sangat lengkap dan masih menempel long tierod asli, yang meng-isyaratkan kondisi masih cukup baik.


Komponen yang sering mengalami keausan adalah pinion gear dan batang rack, parts ini menanggung kerja yang cukup berat, terlebih bila menggunakan ban tapak lebar ataupun velg yang terlalu besar akan memperpendek usia pakai parts ini. Daya tahan komponen ini memang menjadi lebih rendah dibanding dengan rackend yang sudah dilengkapi powersteering, oleh sebab itu buat starlet yang belum menggunakan powersteering dianjurkan untuk tidak memakai ban tapak lebar ataupun velg besar.

Salam,
Starno72
021-32929696

Komentar

  1. Mas Stano, untuk Artikel yang ini bisa diberi perkiraan biayanya gak ya! Harapannya para pengguna Starlet non Power Stearing bisa membandingkan mana yg lebih baik, memperbaiki saja atau sekalian menambahkan Power Steering. Trims Sebelumnya....

    BalasHapus

Posting Komentar