Awas Timing Belt Cacat

Komponen Vital bikin Fatal
Timing belt adalah komponen vital, berfungsi menggerakan poros noken as lewat putaran kruk as. Karena pentingnya komponen ini dibuatlah jadwal berkala untuk penggantian aman biasanya sekitar 40 ribu kilometer. Kelalaian mengganti timing belt akan berakibat fatal, komponen mesin akan saling beradu dan kerusakan yang ditimbulkan juga sangat besar.

Cacat Pemasangan dan Komponen aus
Kondisi buruk bisa juga dialami timing belt karena pada saat pemasangan tidak sempurna sehingga menimbulkan keausan pada satu bagian, bisa juga kondisi gear timing belt yang kurang baik dapat membuat timing belt terkelupas atau tergerus pada bagian gerigi-nya.



Foto dibawah ini memperlihatkan bagaimana kondisi timing belt yang mengalami cacat karena tergerus oleh benda keras dan tajam.


Timing belt adalah komponen yang memiliki kelenturan tinggi, sehingga keausan yang berlebihan pada roller dan tensioner timing belt akan menyebabkan jalur bergeser dan berakibat gesekan yang tidak pada tempatnya dan akhirnya akan merusak komponen itu sendiri. Ganti timing belt beserta tensioner-nya untuk menghindari kejadian seperti diatas.

Salam,
Starno72
021-32929696

Komentar