Featured Post

Bubble Water Injection

Penambah Tenaga dan Penghemat Bahan Bakar Khusus Starlet Menyiasati kenaikan harga bahan bakar, banyak orang berlomba-lomba mencari cara ...

Periksa Cuk Otomatis Starlet

Pastikan Kondisi Cuk Otomatis Bekerja Baik

Buat toyota starlet keluaran tahun 94 keatas, karburator sudah mengadopsi cuk otomatis. Fungsi utama dari cuk adalah memberikan campuran kaya saat pertama kali mesin dihidupkan terutama dipagi hari. Dengan cuk otomatis ini akan memudahkan start mesin dipagi hari, karena cuk sudah aktif saat kunci kontak diputar. Lupa untuk mengembalikan cuk ke kondisi normal pada starlet cuk manual sudah tidak ada lagi, jadi memang piranti ini memberikan kemudahan yang lebih baik.

Hati-hati bila ingin membongkar karburator yang sudah dilengkapi cuk otomatis ini. Kecerobohan dalam membongkar akan mengakibatkan cuk otomatis tidak bisa lagi bekerja sebagaimana mestinya. Karburator dengan cuk otomatis ini memiliki beberapa lengan mekanik yang saling berhubungan yang juga diatur oleh dua buah vakum menjamin cuk bekerja sangat halus. Kerusakan mekanis cuk otomatis akan menyebabkan mesin sulit di start dan bahan bakan menjadi boros. Jangan menggunakan jasa bongkar karburator asal murah, karena setiap mobil memiliki spesifikasi karburator yang berbeda, lebih baik mahal sedikit tapi pekerjaan lebih rapih dan bersih.


Perhatikan pada gambar diatas, posisi klep cuk otomatis akan menutup sempurna. Cara yang benar men-start mesin mobil dipagi hari adalah saat kunci kontak diputar on, kocok pedal gas sekali saja, kemudian starter mesin. Bila kondisi cuk baik mesin akan langsung hidup sempurna.


Sesaat mesin sudah hidup, sebuah vakum akan menarik pelatuk penggerak klep cuk otomatis hingga klep akan membuka sedikit seperti yang terlihat pada gambar diatas. Dan pada saat yang bersamaan sebuah pelatuk lain akan menahan putaran idle mesin lebih tinggi dari normal, dan kondisi ini akan terus berlangsung hingga pedal gas ditekan sedikit dan pelatuk akan melepaskan ganjalnya hingga putaran idle mesin kembali normal.


Secara bersamaan juga sesaat mesin sudah hidup, listrik akan mengalir kedalam alat pemanas bimetal yang secara bertahap akan membuat poros klep cuk bergerak sedikit demi sedikit hingga ke posisi tegak lurus terbuka sempurna seperti yang terlihat pada gambar diatas.



Derajat buka klep cuk otomatis dapat disetel dengan cara mengendurkan ketiga buah baut kecil. Penyetelan dibutuhkan untuk menyesuaikan bukaan cuk sesuai dengan kebutuhan.

Bila semuanya dalam kondisi baik, bisa dipastikan start mesin starlet dipagi hari tidak akan bermasalah, dan tidak perlu harus dibantu menekan pedal gas, karena semuanya sudah ditangani oleh piranti cuk otomatis ini.

Reportase Gathering Starleters Depok

Starleters Depok 15 Juni 2008

Pagi hari jam sudah menunjukan pukul 9 pagi, namun rintik-rintik hujuan tidak kunjung berhenti, cuaca terus mendung merata di awan jakarta. Walau cuaca mendung tetap tidak menyurutkan untuk menghadiri acara gathering starlet yang berlokasi di Margo City Depok.

Segera saja gw langsung tancap gas lewat jalan tol pondok indah, jalan tol memang sangat basah karena hujan yang belum berhenti, tidak terasa gw telah memacu starlet hingga 150km/h dan tanpa terasa sudah tiba dipintu keluar tol pasar minggu.

Menjelang masuk margonda raya, jalanan mulai merayap ramai, tapi masih berjalan lancar, beberapa gw bertemu dengan rekan starleters lain yang sedang berjalan menuju kearah yang sama, terlihat bro MM dan bro Fred yang juga sedang ber-iringan berjalan menuju lokasi gathering.

Sesampai dilokasi ternyata baru gw, dan 3 orang starleters lainnya yang sudah tiba, tidak lama kemudian disusul oleh beberapa anggota starkus (starlet kaskus)dan starleters depok lainnya.


Terlihat suasana akrab langsung terasa diantara pencinta starlet, beberapa terlihat saling bercengkerama dan saling melihat-lihat mobil milik para pencinta starlet ini.




Berpose ala rubrik majalah otomotif, seluruh anggota berjajar mengambil posisi masing-masing untuk pengambilan gambar.


Hadir juga dalam acara gathering Bpk. Dodi Hartono, beliau juga tergabung pada Indonesian Starlet Club yang juga bekerja di Majalah Mobilmotor. Kami semua mengucapkan terima kasih kepada beliau yang menyempatkan waktu datang pada acara ini, semoga pertemuan seperti ini akan terus berlangsung untuk menjaga suasana ke-akraban dan kekompakan diatara para pencinta starlet ini.

Dan juga atas nama Starleters Depok kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran pecinta starlet dan partisipasinya dalam acara ini.

Salam Starleters.

Gathering Starleters Depok - 15 Juni 2008

Agenda Starkus Depok
Acara Terbuka Hanya Untuk Pemilik Toyota Starlet


Fyi...
hanya membantu meramaikan


Beberapa starleter Depok akan ada ketemuan kecil-kecilan
dan rencananya Insya Allah akan dilaksanakan,

Hari : Minggu, 15 Juni 2008
Jam ; 09:00 wib - selesai
Tempat : Parkiran, Margo city Depok Jl. Margonda Raya
Agendanya : Keakraban, foto-foto, kenalan dan diakhiri Ngopi Bareng



Semua diharapkan kedatangannya. .
dan untuk starleters Depok, wajib dateng..

Harapan kami bersama dengan adanya ketemuan kecil kecilan semacam ini, akan memberikan kontribusi lebih bagi komunitas STARLET yang ada (milist, forum, ataupun club)

Terima kasih

Starleters Depok

Memilih oli mesin starlet

Jangan asal murah

Untuk mesin toyota starlet spesifikasi SAE oli yang disarankan pabrik (sesuai buku manual starlet 1E/2E) :


15W-40
20W-40
20W-50
10W-40
10W-50


Sangat disarankan pilih 10W-40, karena oli jenis ini tidak terlalu kental karena maksimal kekentalannya SAE40 dan saat musim dingin memiliki kekentalan SAE10 akan mempermudah start mesin pada pagi hari.




Kapasitas Oli Starlet :
- Tanpa penggantian saringan oli 2,9 liter
- Dengan penggantian saringan oli 3,2 liter
- Pengisian dari keadaan kering 3,4 liter

Menggunakan oli yang kualitas bagus dan kekentalan yang cukup, memberikan pelumasan maksimal dan memperlancar sirkulasi oli ke sela-sela bagian mesin termasuk bagian atas yang menggerakan katup klep dan meringankan kerja pompa oli sekaligus merawatnya selain itu juga suara mesin menjadi lebih halus. Oli terbaik untuk merawat mesin starlet dipilih dari jenis fully synthetic, yang memberikan lapisan film yang sangat licin guna meminimalkan gesekan, sekaligus juga membersihkan seluruh bagian mesin dari kerak karbon sisa pembakaran, sehingga mesin menjadi selalu bersih sirkulasi lancar, dan awet muda, karena mesin starlet adalah investasi yang mahal.

Sharing pengalaman :
Dulu starlet gw pake oli mesran XP, suara kletek2 mesin saat starter pagi agak lama hilangnya, tetapi setelah menggunakan Total Oil fully synthetic SAE 5W-40 saat start pagi hari oli cepat naik keruang mesin atas, jadi lebih cepat melumasi, hingga bunyi kletek2 itu lebih cepat hilang, jeroan mesin lebih bersih bebas deposit karbon sisa pembakaran. Pilih oli jangan hanya sekedar bisa melumasi bagian mesin saja, karena oli yang bisa merawat mesin lebih penting dari oli itu sendiri.

Kesimpulan :
Oli dengan kualitas semakin bagus akan mempengaruhi performa dan keawetan mesin starlet. Belilah oli ditempat yang bisa dipercaya keasliannya, jangan sekali-kali beli oli di warung pinggir jalan yang gak jelas distributornya.

Type dan Celah Busi Starlet 2E/1E

Memeriksa Busi Patokan Kondisi Mesin

Bukalah seluruh busi dan periksa secara baik dari gejala keausan elektroda, kerusakan ulir dan kerusakan insulator.
Busi yang berwarna putih keabu-abuan menandakan pembakaran mesin dalam kondisi baik.
Busi yang berwarna hitam dan menumpuk arang kadang kondisi basah menandakan pembakaran mesin tidak sempurna, ada kebocoran didalam mesin.

Type Busi Starlet :
- Untuk mesin 1E ND W20EX-U atau NGK BP6EY
- Untuk mesin 2E ND W16EXR-U11 atau NGK BPR5EY11

Penyetelan Celah Busi :
- Untuk mesin 1E dan 2E ukuran celah busi adalah 0.8 mm

Pemasangan dan Pengencangan Busi :

- Momen puntir pengencangan busi 180kg-cm (13ft-lg, 18 N.m)

Tune Up Semi Sports Starlet 2E/1E

Buat apa ganti mesin turbo kalau mesin standard saja bisa dibuat 'galak'

Rahasia Starno 11 detik Tarikan Mesin Toyota Starlet 0-100 km/h Top Speed 170km/h dan masih tetap irit BBM
Buat pecinta starlet, berikut ini ada cara untuk meningkatkan akselerasi mesin. Modifikasi ini termasuk modifikasi ekstrim, disebut begitu karena hasil modifikasi akan membuat mesin sangat galak, tanpa sedikitpun membongkar mesin ataupun karburator. Tidak ada penggantian parts mesin atau parts karburator, semua parts dibiarkan standard.

Buat mobil starlet yang masih menggunakan karburator sudah bukan rahasia umum lagi, karburator adalah objek modifikasi yang paling favorit di ajang balap liar, selain memperbaiki sistem pengapian dengan yang lebih besar. Untuk modifikasi 'sleeper style' (pinjam istilah bro fred) memang sangat diminati, sebabnya adalah biaya modifikasi yang sangat murah tapi performa mesin sangat dahsyatt...



Pada kondisi standard, karburator starlet yang menganut sistem vakum pada pembukaan throttle skunder. Sistem ini memiliki kelemahan tarikan mesin tidak spontan karena vakum baru bekerja saat mesin berputar pada 4000 RPM keatas, itupun membukanya sangat lambat sekali hingga akan sangat mempengaruhi akselerasi. Kelemahan lainnya adalah karena digerakan oleh vakum, maka membutuhkan saluran udara yang diambil dari lubang venturi skunder. Oleh sebab itu tarikan mesin starlet cenderung lemah dan kurang mengigit.


Perhatikan 2 buah lubang karburator pada foto diatas. Lubang sebelah kiri adalah lubang katup primer dan lubang sebelah kanan adalah katup skunder. Modifikasi dilakukan pada lubang skunder agar tarikan lebih responsif. Proses modifikasi tidak ada perubahan parts, yang lebih penting modifikasi ini bisa dikembalikan pada kondisi standard.

Apakah Ada Efeknya?
Jelas ada dong, setiap modifikasi harus ada efeknya :
- Pengemudi jadi doyan ngebut soalnya tarikan sangat ringan
- Roda depan mudah spin pada posisi Gear 1 dan 2
- Top Speed 170km/h gampang didapat
- Kemampuan menyalip mobil dijalan tanjakan (misal:puncak) meningkat drastis

Bila bro tertarik dengan modifikasi 'sleeper style' ini silahkan datang saja kebengkel starno. Cukup dengan Rp.250rb sudah termasuk dengan penyetelan mesin, membuat starlet bro makin 'beringas'

Salam Starleter,
Starno72
021-32929696

Liputan Gathering Starlet 25 Mei 2008

Sumber berita :
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otoclub/Content/0/0/1/7/585


Kutipan liputan otomotifnet.com :
“Meski sudah enggak bisa nongkrong lagi tapi tetap pengen menyambung silahturahmi dan dapat manfaat dari kumpul-kumpul, maka dipilihlah mailing List (Milis) sebagai media berbagi pengalaman,” buka Dudy Ariwidianto, moderator milis starlet-indonesia@yahoogroups.com

Nah dari obrolan di dalam milis akhirnya memancing untuk saling bertemu. “Diawali dengan perkenalan sampai membuat gathering,” aku Dudy yang bersama rekan-rekan Starlet lainya berkumpul di Parkir Timur Senayan, 25 Mei yang lalu.



Saat itu gw berhalangan hadir pada acara itu, dan atas jasa baik salah satu anggota gw berhasil mendapatkan stiker itu... terima kasih bro star_put.

Alamat milis starlet Indonesia :

starlet-indonesia@yahoogroups.com
isc-starlet@yahoogroups.com
toyota_starlet_indonesia@yahoogroups.com
itstarlet@yahoogroups.com

Tune Up dan Membersihkan Ruang Bakar Tanpa Overhaul

Tune-Up Instan
Menyiasati harga BBM yang semakin mahal, pastinya perawatan mesin dan tune-up mesin adalah salah satu faktor yang sangat menentukan performa, konsumsi BBM, dan Keawetan mesin. Perawatan dan tune-up yang benar sudah pasti akan menghemat seluruh biaya operasional kendaraan.

Berhubungan dengan fakta diatas, salah satu cara agar mesin bisa bekerja maksimal adalah tune-up ulang sesuai dengan rekomendasi kendaraan, dan yang tidak kalah penting menjaga semua bagian ruang pembakaran tetap bersih, agar efisiensi bisa dicapai.

Membersihkan ruang bakar, kadang kala indentik dengan bongkar mesin atau overhaul, tidak salah memang bila dibilang begitu. Tapi ada cara lain yang lebih hemat dan murah, yaitu dengan cara menggunakan cairan pembersih ruang bakar yang sudah memiliki kualitas teruji.


Perhatikan foto diatas, cairan pembersih sanggup membuat komponen logam kuningan karburator menjadi sangat mengkilat dalam seketika, begitu juga hal yang sama dalam ruang bakar.

Kini bengkel starno juga menawarkan paket hemat tune-up instan yang meliputi antara lain :
- Setting ulang klep masuk dan buang
- Setting karburator (tidak dibongkar)
- Setting ulang derajat pengapian
- Membersihkan ruang bakar dengan cairan khusus CARB JET produk jepang
- Membersihkan lubang karburator dengan cairan khusus CARB CLEANER



Dengan harga paket yang terjangkau, tune-up instan ini menjadikan salah satu langkah dalam penghematan BBM dan perawatan mobil starlet.



Seperti yang dilakukan oleh bro Iwan salah seorang pecinta starlet 1.3 SEG '94 Abu-abu Metalik tiap harinya menggunakan sejauh 70km, datang ke-bengkel starno yang sudah melakukan tune-up instan malam. Setelah dilakukan tune-up instan hal yang bisa langsung dirasakan adalah stasioner mesin yang lebih rata dan halus dan tarikan mesin menjadi lebih enteng.

Tune Up - Instan Starlet Hanya 30 menit

Tune Up Starlet Cepat Murah dan Memuaskan
Buat pemilik starlet yang ingin mesin tetap prima, tapi dengan biaya perawatan yang murah bisa ambil tune up instan ini.



Tune Up instan proses hanya makan waktu 30 menit meliputi:
- Setting ulang klep masuk dan buang
- Setting karburator (tidak dibongkar)
- Setting ulang derajat pengapian
- Membersihkan ruang bakar dengan cairan khusus CARB JET produk jepang
- Membersihkan lubang karburator dengan cairan khusus CARB CLEANER

Keuntungan :
- Mengembalikan dan melancarkan kinerja karburator
- Membersihkan ruang bakar sehingga memaksimalkan proses pembakaran
- Memaksimalkan tenaga mesin lewat penyetelan ulang klep masuk dan buang (tiap 50rb.)
- Mesin lebih hemat BBM dan tenaga meningkat
- Tune-up instan ini dapat diulang setiap 5.000km sebagai bagian dari perawatan rutin