Ukur Voltase Pengisian Dinamo Starlet

Cek Pengisian Dinamo Dengan Mengukur Voltase
Sistem kelistrikan mobil tidak lepas dari kinerja sebuah dinamo ampere. Dinamo ampere adalah sebuah alat pembangkit tenaga listrik yang digerakan langsung oleh poros mesin melalui sebuah van belt. Secanggih apapun mobil bila mengalami masalah pengisian pasti akan membuat sering ngadat, sulit di starter bahkan mogok sama sekali.

Modul Pengisian

Toyota starlet sudah menganut modul pengisian menggunakan IC (integrated circuit), alat ini sudah ter-integrasi dengan bodi dinamo ampere. Keuntungan menggunakan modul pengisian IC akan menghasilkan tegangan yang lebih konsisten dan akurat dibandingkan dengan alat "CUT OUT" atau "KETOT" yang masih digunakan oleh toyota era super kijang. Hampir seluruh mobil keluaran terbaru pasti menggunakan modul IC untuk sistem pengisian.

Tiga Macam Sumber Kerusakan

Dapat disimpulkan sumber kerusakan yang biasa terjadi pada dinamo ampere adalah sebagai berikut :
- Kerusakan Modul IC (Integrated Circuit)
- Kerusakan Brush/Batang Arang
- Kerusakan Gulungan Dinamo

Dari tiga macam sumber kerusakan yang tidak bisa diperbaiki adalah modul IC (Integrated Circuit), modul ini harus diganti baru jika rusak.

Rentang Voltase Pengisian Dinamo Ampere 13,5 - 15 Volts
Secara umum kita bisa mengukur kinerja pengisian dinamo ampere dengan menggunakan voltase meter atau multimeter digital sebagai berikut :

Tempatkan alat pengukur pada selektor pengukuran voltase DC pada satuan 20, pada multimeter digital

Buka kap mesin, tempatkan probe positif/merah pada kepala aki positif (+) dan probe negatif pada kepala aki negatif (-).

Hasil pengukuran saat mesin hidup stasioner tanpa beban listrik:



Hasil pengukuran saat mesin stasioner dan lampu besar depan dihidupkan:


Hasil pengukuran saat mesin stasioner lampu besar depan dan A/C dihidupkan:



Spesifikasi standard pengisian dinamo ampere normal untuk toyota starlet saat mesin hidup berkisar antara 13,5 - 15 volts. Bila hasil pengukuran diluar dari spesifikasi itu bisa dipastikan dinamo ampere mengalami masalah, lakukan servis secara dinamo ampere secara menyeluruh.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar