Bila Cylinderhead Sudah Bermasalah

Overheat Mesin Starlet Bikin Cylinderhead Melengkung
Siapapun pemilik starlet, pastinya sangat takut bila mesin mengalami overheat. Overheat mesin terjadi disebabkan kegagalan sistem pendingin mesin, bisa berasal dari radiator bocor, kipas elektrik mati, ataupun pompa air rusak.

Gejala overheat selalu terjadi secara tiba-tiba dan tidak pernah bisa diperkirakan atau dihindarkan sebelumnya. Sebetulnya pengecekan rutin bisa mengurangi gejala overheat dengan cara servis radiator, ganti motor kipas elektrik, atau pompa air. Dari sekian banyak kasus overheat biasa terjadi disebabkan oleh kebocoran atau mampetnya sirkulasi air di dalam radiator hingga menyebabkan panas berlebih saat mesin bekerja. Saat gejala overheat terjadi segera pinggirkan kendaraan dan matikan mesin dan biarkan mesin dingin dengan sendirinya. Setelah cukup dingin segera periksa air didalam radiator, bila kurang segera tambahkan.




Kerusakan Cylinderhead bisa juga disebabkan oleh pelumas yang kurang baik atau oli mesin kurang, hingga oli tidak mampu menjangkau dan melumasi bagian poros penggerak klep. Bila kondisi ini dibiarkan terlalu lama akan sebabkan tingkat keausan yang tinggi pada lubang-lubang batang klep dan juga poros cam yang akibatkan bunyi mesin sangat kasar sekali.

Bila sudah dilakukan servis akan tetapi masih juga mengalami kebocoran atau mesin kasar, bisa dengan cara mengganti dengan cylinderhead copotan eks-singapore yang rata-rata memiliki umur dibawah lima tahun. Penggantian cylinder head eks singapore tentu lebih murah bila harus membeli satu persatu komponen yang ada pada bagian ini tentunya.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar