Tips - Mengatasi Kebocoran Bagasi Starlet

Musim Hujan Tiba Saatnya Atasi Kebocoran

Bagi beberapa pemilik starlet kapsul pasti pernah mengalami kebocoran bagasi. Kebocoran bagasi terjadi saat hujan deras mengguyur sekujur bodi mobil, kebocoran kecil saja dapat menyebabkan bagasi mobil tergenang air mirip seperti kolam ikan pada bagian tempat penyimpanan ban serep.

Bila hal ini dibiarkan terus menerus selain menimbulkan bau tidak sedap karena lembabnya karpet mobil, juga akan akibatkan bagasi mobil mudah terserang karat, kalau sudah begini ongkos perbaikan akan jauh lebih mahal.

Tips ringan dan murah dibawah ini sangat ampuh mengatasi kebocoran bagasi terutama buat starlet kapsul yang pernah mengganti lampu belakang GT, atau juga karet penyekat hilang saat ganti bohlam.



Biang Keladi Kebocoran Sepele Tapi Akibatnya Tidak Sepele

Beberapa pemilik starlet pasti kebingungan mencari sumber kebocoran, pasalnya semua karet-karet pintu bagasi belakang dalam kondisi bagus tidak mungkin air hujan masuk, lantas darimana air hujan itu masuk? Perhatikan gambar dibawah ini, air hujan masuk melalu celah dudukan lampu belakang bagian bawah yang terbuat dari plastik. Kondisi aslinya dudukan lampu belakang ini memiliki sebuah karet yang memang sebagai penyekat agar air hujan tidak masuk, akan tetapi banyak yang tidak memperhatikan masalah ini saat mengganti bohlam atau mengganti lampu set GT, karet ini sering hilang terbuang ataupun bisa juga memang sudah rusak karena umur. Kondisi ini menyebabkan air hujan dengan mudahnya masuk melalu lubang ini walau kecil tapi pasti air akan mengalir masuk kedalam bagasi tempat penyimpanan ban serep dan dalam waktu singkat tempat ban serep akan tergenang air mirip sekali dengan kolam ikan.



Langkah 1
Bukalah dua buah baut pengunci lampu belakang dengan obeng plus atau kunci-sok-10.


Langkah 2
Gunakan lem silikon yang biasa juga untuk mesin. Oleskan kebagian permukaan lubang dan juga ke permukaan dudukan pada lampu belakang.



Langkah 3
Pasang kembali lampu belakang, dan pastikan lem silikon menyekat dengan baik agar air tidak dapat masuk kembali.



Lakukan hal yang sama pada lampu sebelah kirinya, dan sekarang sudah tidak khawatir lagi bila hujan turun deras, rasa aman dan nyaman akan lebih terasa tanpa kebocoran dan bau tidak sedap.

Selamat Mencoba....

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar