Mengetahui Sumber Kebocoran Oli Mesin Part 1

Mengetahui Parts yang sering menyebabkan kebocoran oli mesin untuk starlet 2E(1.3L)/1E(1.0L)

Buat pemilik baru starlet, kerap bingung bila ada tetesan oli yang berasal dari mesin bagian bawah. Sebetulnya kebocoran oli mesin adalah hal yang lumrah, biasanya memang disebabkan oleh umur komponen itu sendiri. Kondisi panas mesin dan tekanan oli mengankibatkan komponen perapat/sil oli tersebut mengalami penurunan kemampuan yang akhirnya mengeras dan getas dan pada akhirnya akan menimbulkan kebocoran pada mesin.

Tidak Perlu Panik
Kebocoran oli mesin biasa terjadi dan tidak terlalu berbahaya bila si pemilik selalu memeriksa permukaan oli lewat batang indikator permukaan oli jangan sampai dibawah normal. Kebocoran oli mesin tidak akan seketika membuat oli mesin jadi habis, kebocoran sifatnya hanya rembesan kecil dan bisa dilihat saat habis parkir agak lama, maka lantai atau tanah akan ada bekas tetesan oli.



Buat pemilik baru starlet foto diatas paling tidak bisa jadi acuan atau pentunjuk komponen apa saja yang perlu diganti saat melakukan servis mesin. Karena merupakan komponen vital, carilah parts orisinal toyota untuk hasil memuaskan walau harga agak mahal tapi jangka waktu pemakaian bisa lebih lama dan awet.

Bagian yang sering alami kebocoran diataranya adalah :

- Sil kruk as
- Sil noken as
- Sil pompa oli
- Sil karet bak oli
- Baut pengurasan oli

Sil tersebut diatas adalah komponen yang paling sering mengalami kebocoran karena posisi komponen tersebut diatas berada pada daerah panas mesin dan daerah gesekan mekanis paling banyak.

Mengenai biaya servis penggantian sil bawah mesin, umumnya memang agak mahal. Ini disebabkan pemasangannya harus membongkar beberapa komponen misalnya Timing Belt dan bahkan untuk sil kruk as bagian belakang harus menurunkan gearbox dan kopling, alhasil biaya servis dan parts jadi lebih mahal. Tips yang terbaik adalah sekalian membongkar disertai penggantian parts lain misalnya sekalian ganti timing belt dan tensioner, dan juga mengganti plat kopling dan dekrupnya agar biaya tidak dobel bila terjadi kerusakan dikemudian hari.


Salam Starleters,
Starno72
021-32929696

Komentar